Evaluasi SAKIP Kemenpan RB RI Terhadap Dinas TPHP Prov. Kalteng

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 26 Agustus 2020 08:30, Dibaca 392 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Kemenpan RB) melakukan evaluasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (26/8/2020) melalui Zoom Meeting mulai pukul 08.30 WIB sampai selesai. Perwakilan penilai dari Kemenpan RB RI yaitu Ananda Juarsa, Ak yang merupakan Analis Kebijakan Madya/Koordinator Perumusan Kebijakan Akuntablitas Aparatur Negara Kemenpan RB RI. Biro Organisasi Sekretariat Provinsi Kalimantan Tengah dalam paparannya menyampaikan bahwa ada 6 (enam) Organisasi Perangkat Daerah yang mendapat nilai BB (Sangat Baik). 

Berdasarkan hasil evaluasi SAKIP – PD Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 700/64.8/LHE-LKIP/SEKRE-2/INSP Tanggal 04 Mei 2020, Dinas TPHP memperoleh nilai 76,03 bobot BB (Sangat Baik)/sebagai peringkat pertama. Nilai tersebut merupakan akumulasi penilaian terhadap seluruh komponen manajemen kinerja masing-masing Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dengan rincian : Perencanaan Kinerja (30%), Pengukuran Kinerja (25%), Pelaporan Kinerja (15%), Evaluasi Internal (10%), dan Pencapaian Kinerja (20%).

(Baca Juga : Diskop UKM Prov Kalteng Gelar Rapat Koordinasi Revitalisasi dan Pengembangan PUSKUD Kalteng)


Selanjutnya, Kepala Dinas TPHP Prov Kalteng Ir. Hj. Sunarti, MM menyampaikan paparan laporan kinerja Dinas TPHP dalam Zoom Meeting tersebut. Kegiatan evaluasi ini juga diikuti oleh Muhajirin Akbar, SP., M.Si (Sekretaris Dinas TPHP), Karyatmo M Saleh, SP (Kasubbag Penyusunan Program) dan beberapa staf dari Subbag Penyusunan Program yang menangani urusan evaluasi dan pelaporan.


Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa Dinas TPHP Prov. Kalteng telah menetapkan Indikator Kinerja Utama yang dijabarkan dalam bentuk Kesepakatan Kinerja berjenjang dari Gubernur ke Kadis, Kadis ke Eselon 3 dan Eselon 3 ke Eselon 4. Terkait pengaruh capaian kinerja dampak pandemi covid-19, Kadis TPHP mengatakan walaupun adanya rasionalisasi anggaran tetapi pengawalan terhadap ketersediaan pangan terus diintensifkan. Kalimantan Tengah telah ditetapkan sebagai salah satu Provinsi Penyangga Pangan Nasional dan dilakukan melalui program Food Estate. (Dinas TPHP Prov Kalteng)

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook