Ketua TP-PKK Ivo Sugianto Sabran Kukuhkan Pengurus Daerah IBI Prov. Kalteng Periode 2018-2023

Kontribusi dari Widia Natalia, 25 Agustus 2020 13:02, Dibaca 569 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran mengukuhkan Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Prov. Kalteng periode 2018-2023. Pengukuhan dilangsungkan di Aula Jaya Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, selasa (25/08/2020).

Momentum Pengukuhan Pengurus Daerah IBI Prov. Kalteng mengambil tema “Peningkatan Kapasitas Profesi Kebidanan di Era Tatanan Kehidupan Baru”. Prosesi Pengukuhan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul selaku Penasehat serta diikuti secara terpisah melalui video conference oleh para bidan kesehatan yang hadir di Hotel M Bahalap Palangka Raya.

(Baca Juga : Ayo Daftar Seleksi Calon Taruna Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2019/2020)

Sebanyak 21 orang pengurus yang dikukuhkan secara simbolis, dengan Ketua Hj. Noorhani Machdat, para Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, serta terdapat 7 formasi bidang, Hubungan Masyarakat dan Advokasi, Tata Usaha, Fun Rising, Tim Teknis, dan Majelis Pertimbangan Etik Bidan (MPEB). Ikatan Bidan Indonesia (IBI) merupakan organisasi profesi bidan di Indonesia yang wadah Para bidan dalam mencapai tujuan, melalui kebijakan peningkatan profesionalisme anggota, guna menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan berkualitas.


Ketua TP-PK Ivo Sugianto Sabran menyampaikan Bidan mempunyai tugas penting dalam konseling dan pendidikan kesehatan, tidak hanya kepada perempuan, tetapi juga kepada keluarga dan masyarakat. Ivo Sugianto Sabran  IBI dapat membawa anggotanya bersaing secara global, melalui peningkatkan mutu pendidikan bidan serta pelayanan, meningkatkan kesejahteraan anggota dan mewujudkan kerjasama dengan jejaring kerja.

"IBI harus dapat mengutamakan kebersamaan, mempersatukan diri dalam satu wadah, mengayomi anggota, pengembangan diri anggota, berperan serta dalam komunitas, mempertahankan citra Bidan dan pelayanan berkualitas kepada Ibu dan Anak", tutur Ivo Sugianto Sabran.

Lebih lanjut Ivo Sugianto Sabran menyampaikan bahwa Pengukuhan Pengurus Daerah IBI Prov. Kalteng periode 2018-2023 merupakan salah satu momentum penting untuk dilakukan dimana Pengurus Daerah Prov. Kalteng mendapatkan tugas dan tanggung jawab dalam organisasi IBI yang peran serta sangat penting dalam organisasi, keluarga dan masyarakat Kalteng.

"Tahun ini merupakan tantangan terbesar bagi tenaga kesehatan khususnya Bidan dimana melakukan pelayanan kesehatan di masa pandemi Covid-19, dalam pelayanan kesehatan selain memperhatikan protokol kesehatan juga sebagai garda terdepan dalam pelayanan keluarga dan masyarakat khususnya Kalteng", imbuhnya.

Usai prosesi Pengukuhan, Ivo menyampaikan selamat kepada pengurus baru, "mulai hari ini harapannya pengurus segera menyusun program baru yang bisa bersinergi dengan pembangunan di Kalimantan Tengah", kata Ivo.

Ivo Sugianto Sabran juga berharap para bidan sama-sama berkontribusi dalam penurunan angka Stunting di Kalteng, terlebih lagi bidan-bidan ini juga merupakan penyuluh, melalui mereka, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dapat tersampaikan dengan baik, sehingga kedepan mampu menghasilkan SDM yang luar biasa dan hebat.(Ega) 

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook