Layanan Psikologi Gratis Bagi Pengunjung Kalteng Trade Expo 2018

Kontribusi dari Rikah Mustika, 01 Oktober 2018 18:54, Dibaca 1,026 kali.


MMCKalteng-Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalawa Atei pada Kalteng Trade Expo kali ini, yang digelar di arena Pameran Temanggung Tilung Palangka Raya (1/10). Selain memberikan informasi mengenai pengobatan lanjutan bagi penderita gangguan jiwa dan perawatan klien dengan halusinasi, juga membuka layanan gratis psikologi bagi para pengunjung yang hadir. Bagi para pengunjung yang ingin mengetahui sejauh mana tingkat kecerdasan dan kepribadiannya, akan diberikan tes berupa soal-soal oleh para petugas yang diisi di tempat.

Pada kesempatan yang sama, Natalia, S.Kep, NS selaku perawat di RSJ tersebut juga menjelaskan bahwa untuk mengetahui seseorang itu stress atau depresi bisa dilakukan melalui komunikasi.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mushalla Syarifah Fatmah Albahasyim)

“Kita bisa menanyakan keluhannya apa, gejala awalnya itu biasanya susah tidur, perilakunya juga berubah, itu sudah mengarah ke tingkat depresi. Tapi depresi juga ada tingkatannya lagi” ucapnya.

Wanita berkacamata itu mengatakan, pasien di RSJ Kalawa Atei mayoritas adalah anak-anak pengguna narkoba yang lahir di kisaran tahun 90an sampai 2000an. Penyebabnya adalah pergaulan dan pola asuh dari orang tua yang sibuk dengan urusan di luar rumah, sehingga mereka kekurangan kasih sayang dan perhatian dari orang tua mereka.

“Beberapa bulan setelah memakai narkoba, gejala awal yang muncul bisa seperti teriak-teriak dan berhalusinasi. Pada awalnya hanya depresi biasa, namun akhirnya bisa ke arah gangguan jiwa. Masyarakat sekarang kepedulian kepada orang lain kurang, rata-rata sibuk dengan kegiatannya masing-masing” ujarnya

Harapannya kita bisa lebih peduli kepada orang lain, setidaknya lebih peka dengan lingkungan sekitar sehingga ada rasa sosial yang terjalin.

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook