Memperingati HUT Ke-75 RI, SMA Negeri 1 Palangka Raya Gunakan Moda Daring dan Luring

Kontribusi dari Rikah Mustika, 17 Agustus 2020 16:32, Dibaca 209 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dampak pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada kegiatan memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia. Begitu juga di SMA Negeri 1 Palangka Raya. Semua kegiatan perayaan dilakukan secara sederhana dengan moda daring dan luring. Kendati demikian tidaklah mengurangi hikmah dari perayaan HUT RI itu sendiri. Nilai-nilai kepahlawanan dan nilai-nilai kebangsaan tetap ditanamkan dalam diri setiap warga SMA Negeri 1 Palangka Raya. Rasa persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga dengan baik. Ini semua adalah sebagai wujud cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. NKRI, harga mati. Hal itu disampaikan oleh Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin seusai mengikuti upacara memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia secara daring di ruang guru SMA Negeri 1 Palangka Raya, Senin (17/8/2020). 

“Dalam memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia pada tahun 2020, SMA Negeri 1 Palangka Raya tidak melaksanakan berbagai bentuk kemeriahan seperti tahun-tahun sebelumnya. Kita hanya melaksanakan berbagai kegiatan dengan cara sederhana dengan moda daring dan luring. Walaupun demikian tidaklah mengurangi hikmahnya. Kita tetap mengutamakan penanaman nilai-nilai persatuan dan kesatuan Republik Indonesia. NKRI, harga mati,” katanya.

(Baca Juga : Satgas Prov. Kalteng Bersama Tim Relawan Bahu Membahu Lakukan Pencegahan Covid-19)

Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa salah satu cara menanamkan karakter cinta tanah air dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan, panitia HUT ke-75 Republik Indonesia di SMA Negeri 1 Palangka Raya mengadakan berbagai macam lomba untuk seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Palangka Raya. Pada saat babak penyisihan lomba dilakukan secara daring. Kegiatan secara luring hanya dilakukan saat final.


Bebagai macam lomba yang diselenggarakan adalah adalah:

1. Kontes Foto bertemakan kemerdekaan

2. Lomba Membaca Puisi dengan tema kepahlawanan

3. Lomba Vokal Solo dengan tema kebangsaan

4. Lomba Pidato dengan tema kepahlawanan

5. Lomba Bakesah dengan bahasa Dayak dengan tema kepahlawanan

Pihak panitia sekolah merasa bersyukur, banyak peserta didik yang ikut serta mengikuti kegiatan perlombaan tersebut berdasarkan talenta yang mereka miliki. Setiap pemenang lomba akan diberikan apresiasi oleh pihak sekolah. Penyerahan hadiah diberikan setelah upacara memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang disiarkan langsung dari Istana Negara.

“Untuk memeriahkan HUT ke-75 Republik Indonesia, panitia sekolah mengadakan berbagai macam lomba untuk semua peserta didik SMA Negeri 1 Palangka Raya. Tema lomba yang diangkat adalah tema kepahlawanan dan kebangsaan. Tujuan utama lomba ini adalah untuk menanamkan karakter ke peserta didik yang selalu cinta tanah air dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan. Alhamdulillah, banyak peserta didik yang mengikuti kegiatan lomba ini. Setiap pemenang lomba akan diberikan apresiasi oleh pihak sekolah,” imbuhnya.

Pada bagian akhir penyampaian keterangannya, mantan Kepala SMA Negeri 5 Palangka Raya ini juga menambahkan pada saat mengikuti kegiatan final lomba dan penyerahan hadiah bagi para pemenang serta ketika mengikuti upacara memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang disiarkan langsung dari Istana Negara, yang hadir di sekolah adalah unsur pimpinan, panitia dan pemenang lomba. Semua yang hadir di sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan para peserta didik, tenaga pendidik dan tenaga pendidikan mengikuti kegiatan tersebut dari rumahnya masing-masing melalui zoom meeting. Semua kebijakan itu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terpaparnya virus Covid-19. (Anw)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook