Gubernur Kalteng Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-75 RI

Kontribusi dari Widia Natalia, 17 Agustus 2020 07:47, Dibaca 510 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran pimpin upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI). Upacara dilangsungkan di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Senin (17/08/2020).

Gubernur H. Sugianto Sabran bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemprov. Kalteng.

(Baca Juga : Hadapi Porwanas, SIWO PWI Kalteng Genjot Latihan)


Upacara Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI berlangsung khidmat dan lancar, seluruh personil upacara nampak sangat antusias mengikuti proses tahapan upacara. 3 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dikukuhkan oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri di Aula Eka Hapakat Lt. III, Kantor Gubernur Kalteng pada Jumat 14 Agustus 2020 lalu berhasil melaksanakan tugasnya dengan sempurna.

Jumlah Paskibraka Tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini. Paskibraka yang bertugas dalam upacara Peringatan HUT ke-75 RI tingkat Provinsi Kalteng berjumlah 6 orang yakni terdiri dari Tim A penaikkan bendera berjumlah 3 orang dan Tim B Penurunan bendera sang Merah Putih sore hari berjumlah 3 orang.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara H. Sugianto Sabran menyampaikan sebagai sebagai wujud kepatuhan terhadap protokol penanganan Covid-19, maka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan RI dilaksanakan dengan sederhana, tanpa mengurangi makna strategis dan nilai esensial yang terkandung dalam peringatan hari bersejarah Kemerdekaan RI.

"Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 ini, terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya dan akan tercatat bahwa peringatan kali ini dilakukan dalam suasana keprihatinan yang mendalam karena mewabahnya pandemi Covid-19. Segenap daya dan upaya dikerahkan dan dengan dukungan dana yang besar, secara terintregrasi yang melibatkan semua stakeholder dan lintas elemen masyarakat guna mengendalikan penyebaran Covid-19 demi memberikan perlindungan kepada seluruh lapisan masyarakat", tutur Gubernur.

Disampaikan juga oleh Gubernur H. Sugianto Sabran untuk Tema HUT RI ke-75 Tahun 2020 adalah “Indonesia Maju”, yang merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan, Persatuan dan Kesatuan Indonesia.

Lebih lanjut orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai menyampaikan bahwa makna Kemerdekaan saat ini bukan hanya sebagai kata, kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas.

"Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri Bangsa", pungkas H. Sugianto Sabran.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Forkopimda Provinsi Kalteng yang telah bersinergi dan bahu membahu dalam memberantas kejahatan narkoba, sehingga mampu mengurangi tingkat peredaran Narkoba di Kalteng.

Di akhir acara dilakukan penyerahan penyerahan Piagam Penghargaan Tanda Penghargaan “Manggala Karya Kencana” dari Kepala BKKBN RI Kepada Gubernur Kalteng oleh Kepala Perwakilan BKKBN Prov.Kalteng.


Turut hadir Wakil Ketua II DPRD Prov. Kalteng H. Jimmy Carter, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng Mukri, Kabinda Kalteng Brigjen Pol. M. Slamet Urip Widodo, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng, serta para tamu undangan lainnya. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook