Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 14 Orang Dan Kasus Konfirmasi 17 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 01 Agustus 2020 16:08, Dibaca 1,169 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng menyampaikan bahwa sebanyak 13 Kabupaten dan 1 Kota di Kalteng sudah terdampak Covid-19. Kabar baik, saat ini Kabupaten Sukamara dilaporkan sudah menjadi zona hijau karena tidak ada kasus.

Gubernur H. Sugianto Sabran juga terus meneruskan mengingatkan bahwa Kalteng Tengah sampai dengan hari ini, Sabtu, 01 Agustus 2020, konfirmasi positif sebanyak 1.762 orang. Data ini menunjukkan bahwa sejak tanggal 25 Mei 2020 sampai dengan saat ini, penambahan kasus konfirmasi baru selalu terjadi setiap hari di Kalteng.

(Baca Juga : Apel Gelar Pasukan dan Sarana Prasarana Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021)

Gubernur Kalteng mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar dapat melihat kenyataan penyebaran Covid-19, dan tidak ada lagi yang berpikir bahwa ini merupakan sebuah konspirasi. Gubernur juga meminta dukungan seluruh elemen masyarakat untuk terus mensosialisasikan ancaman Covid-19 sehingga seluruh masyarakat dapat menyadari ancaman Covid-19 dan secara sadar disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai suatu bentuk adaptasi kebiasaan baru dalam aktivitas sehari-hari.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran melalui tim komunikasi publik Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng Rita Juliawati, SKM, M.Si dalam press release yang digelar pada Sabtu (01/08/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 kembali meningkat. Dalam keterangannya Rita Juliawati menyampaikan total  kesembuhan dalam sehari mencapai angka sebanyak 14 orang. Jumlah  pasien sembuh Covid-19 saat ini telah  mencapai 1.217 orang, setelah ada penambahan sebanyak 14 orang dalam 24 jam terakhir. Dari semula 1.203 orang menjadi 1.217 orang saat ini.

Pasien Covid-19 yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing 3 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 5 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Katingan dan 4 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya.

Rita Juliawati juga menyampaikan penambahan pada kasus konfirmasi baru juga masih terjadi. Jumlahnya bertambah sebanyak 17 kasus baru, yaitu 12 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 3 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur dan 2 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara.  Kasus konfirmasi yang semula hanya berjumlah 1.745 orang menjadi 1.762 orang saat ini.

Dari 1.762 kasus konfirmasi yang dilaporkan yakni 1.217 orang sudah dinyatakan sembuh, 91 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 454 pasien konfirmasi yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng. Pasien konfirmasi yang dalam perawatan, mengalami penambahan sebanyak 3 orang, sehingga yang semula 451 orang menjadi 454  orang saat ini.

Lebih lanjut Rita Juliawati menyampakan, tingkat  kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini berada di angka 5,2 persen. Tidak ada penambahan pada kasus meninggal dunia akibat-Covid-19. Saat ini, jumlah pasien meninggal dunia akibat-Covid-19 tetap sebanyak 91 orang. 

Rita Juliawati juga menuturkan untuk kasus suspek atau yang sebelumnya dikenal ODP dan PDP mengalami penurunan sebanyak  42 orang, sehingga dari semula tanggal 31 Juli 2020 hanya 365 orang menjadi 323 orang  saat ini .

Distribusi kasus suspek dari masing-masing Daerah antara lain, Kota Palangka Raya 93 orang, Kabupaten Kapuas 18 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 3 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 51 orang, Kabupaten Seruyan 2 orang, Kabupaten Katingan 70 orang, Kabupaten Sukamara 56 orang, Kabupaten Lamandau 4 orang, Kabupaten Barito Selatan 9 orang, Kabupaten Barito Utara 6 orang, Kabupaten Barito Timur 7 orang, Kabupaten Murung Raya 1 orang dan Kabupaten Gunung Mas 3 orang.

Terakhir, Rita Juliawati menyampaikan untuk kasus Probable saat ini dilaporkan ada penambahan sebanyak 3 orang dalam 24 jam terakhir. Saat ini kasus Probable menjadi 18 orang. Diketahui, 18 orang tersebut, masing-masing merupakan warga asal Kota Palangka Raya 6 orang, warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang, warga asal Kabupaten Katingan 8 orang, warga asal Kabupaten Pulang Pisau 1  orang, warga asal Kabupaten Barito Selatan 1 orang dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara. (WDY/Foto:Ari)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook