Bimtek Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kontribusi dari Diskominfo Katingan, 28 Juli 2020 10:00, Dibaca 51 kali.


MMCKalteng – Katingan - Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia di bidang Teknologi Informasi, Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Katingan mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi tim service desk tier 1 dan service desk tier 2, bertempat di Aula Media Center Diskominfopersantik Kabupaten Katingan, Selasa (28/7/2020). Kegiatan dilaksanakan secara virtual zoom dengan peserta Bimtek berasal dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang ada di wilayah Kabupaten Katingan yang bertugas sebagai pengelola jaringan internet pada masing-masing OPD.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Katingan Muhammad Hasrun. Dalam sambutan Bupati Katingan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik disampaikan agar para peserta Bimtek dapat mengikuti kegiatan dengan maksimal sehingga mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dan mampu mengatasi kendala dasar gangguan jaringan. Selain itu disampaikan pula bahwa Pemerintah mendukung upaya Diskominfopersantik Kabupaten Katingan dalam meningkatkan kualitas teknologi, agar  pemanfaatan teknologi dapat dirasakan merata hingga ke pelosok kabupaten.

(Baca Juga : Kadis Kominfo Terima Kunjungan Direktur PT Hannan Idea Indonesia)

Beberapa hal yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Katingan dalam paparannya yaitu, agar selalu dilakukan evaluasi dan pemantauan dalam pembagian bandwith bagi seluruh OPD yang ada di Kabupaten Katingan, setiap service desk agar membuat laporan rutin, melakukan regulasi dan memantau secara rutin pemanfaatan jaringan internet untuk kepentingan dinas dan pekerjaan serta melakukan rapat koordinasi secara rutin per triwulan dengan pihak penyedia layanan dalam hal ini adalah PT.Indonesia Com Net Plus (ICON+). Tujuan utama kegiatan ini agar seluruh peserta pelatihan dapat memahami perangkat-perangkat jaringan internet yang ada di OPD, sehingga apabila terjadi gangguan skala ringan,  dapat segera diperbaiki tanpa menunggu teknisi dari penyedia layanan.

Selain itu, karena letak OPD yang ada di Kabupaten Katingan tidak hanya terpusat di Ibukota Katingan, tapi juga tersebar di kecamatan-kecamatan yang jarak tempuhnya cukup jauh dari ibukota, sehingga akan memakan waktu yang lama untuk perbaikan jika terjadi gangguan terhadap jaringan. Oleh karena itu, PT. ICON+ sebagai jasa penyedia layanan selaku narasumber Bimtek ini, memberikan paparan yang mendalam terkait perangkat dan indikator-indakator yang ada pada layanan ICON+ serta penanganan awal apabila terjadi gangguan di masing-masing OPD. (Rusmihing/Kominfo)

Diskominfo Katingan

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook