Kurangi Tumpukan Sampah di Sungai, Kegiatan Jumat Bersih Dipusatkan di DAS Buun

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 24 Juli 2020 16:54, Dibaca 31 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Pada Jumat (24/7/2020), Pemerintah Kecamatan Arut Selatan (Arsel) melaksanakan kegiatan Jumat Bersih di Daerah Aliran Sungai (DAS) Buun Kelurahan Baru. Hal ini dilaksanakan selaras dengan program yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui program Gerakan Jumat Bersih dalam rangka mewujudkan lingkungan yang tertata dan bersih.

Sesuai arahan Bupati Kobar, kegiatan Jumat Bersih dilaksanakan dan dipusatkan pada DAS Buun jalan GM Arsyad dan jalan Abdurrahman Kelurahan Baru Kecamatan Arsel. Kegiatan serupa juga telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu di Kelurahan Mendawai Seberang (10/7/2020) dan Kelurahan Mendawai (17/7/2020).

(Baca Juga : Wabup Ikuti Video Conference Bersama Mendagri)

Kegiatan Jumat Bersih terlaksana atas kerja sama Pemerintah Kecamatan Arsel, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Pemerintah Kelurahan Baru, CBI, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Karang Taruna Kelurahan Baru serta warga masyarakat yang ikut dalam kegiatan tersebut. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai upaya mengurangi penumpukan sampah di bantaran sungai. Hal ini terjadi karena curah hujan yang tinggi beberapa hari ini menyebabkan tingginya luapan air sungai yang berdampak pada peningkatan penumpukan sampah.

Pada kesempatan tersebut Camat Arsel, Muhammad Ramlan menyampaikan ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan dan mengimbau setiap desa/kelurahan di wilayah Kecamatan Arsel agar melaksanakan kegiatan Jumat Bersih bersama masyarakat setempat dalam rangka menciptakan dan mewujudkan lingkungan bersih dan sehat serta dapat meningkatkan kekompakan dan kebersamaan dengan warga masyarakat.

"Terima kasih kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi pada kegiatan ini dan saya mengimbau kepada lurah dan kades di wilayah Kecamatan Arsel untuk terus menggalakkan kegiatan Jumat Bersih sebagai upaya mewujudkan lingkungan yang bersih dan indah. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 ini kita harus berperilaku hidup bersih dan sehat,” imbau Ramlan.

“Di samping itu juga kondisi curah hujan yang cukup tinggi yang dapat menyebabkan banjir apabila lingkungan tidak bersih dan terdapat penumpukan sampah. Selain itu, melalui kegiatan Jumat Bersih ini dapat meningkatkan terjalinnya silaturahmi, kebersamaan dan kekompakan antar warga," imbuhnya. (kec-arsel)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook