Pemkab Kapuas Prioritas Atasi Stunting

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 22 Juli 2020 08:49, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng - Kapuas - Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, MM, MT mengeluarkan Instruksi untuk upaya percepatan penanganan Stunting dan ditindaklanjuti dengan hasil Rapat Koordinasi Teknis sektoral yang dihadiri Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), DPU-PRPKP, Bappeda, Dinas Kesehatan serta seluruh Camat dan Lurah, di Aula DPMD Kapuas. Instruksi tersebut memprioritaskan untuk menekan, sekaligus menurunkan tingkat angka penderita stunting yang akan menfokuskan penanganan pada warga yang tinggal di daerah Bantaran Sungai, baik DAS Kapuas maupun DAS Murung.

Hal tersebut disampaikan, Kepala DPMD Kabupaten Kapuas Yan Marto, SH, MH sebagai koordinator yang ditunjuk guna mengatasi penanganan Stunting di Kabupaten Kapuas, saat dibincangi awak media Selasa (21/7/2020) usai menggelar Rakor Teknis lintas sektoral tersebut.

(Baca Juga : Evaluasi Akuntabilitas Kinerja bagi Pemerintah Kota Palangka Raya)

"Intinya dalam Rakor Teknis lintas yang kami lakukan dan guna menekan sekaligus pencegahan stunting ini. Selain pada wilayah lain, tetap melakukan penanganan namun prioritasnya adalah warga yang tinggal di daerah Bantaran sungai," ungkap Yan Marto.

Menurut Yan Marto, sejauh ini untuk penanganan stunting bagi warga yang bertempat tinggal di bantaran sungai ini perlu penanganan yang khusus, sebab guna memberikan pemahaman terhadap mereka yang sudah terbiasa melakukan aktifitas di sungai. 

"Tentu akan sulit mereka laksanakan, meskipun kita membuatkan sarana dan fasilitas sanitasinya, sebab belum tentu akan terbiasa mempergunakannya," jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, dengan rakor teknis yang dilakukan maka diharapkan seluruh Stakeholder yang terlibat dapat melaksanakan fungsi dan peranannya masing-masing, seperti Dinas PU-PRPKP dan Kesehatan. Diterangkan Yan Marto, untuk fokus penanganan Block Stunting saat ini ada di 27 Desa, 7 Kecamatan, 7 Kelurahan dan dari DP-PRPKP khusus dari dana DAK ada 41 Desa serta saat ini tim sedang melakukan verifikasi wilayah guna menetapkan program pelaksanaannya.

"Harapannya ini dapat segera dilaksanakan, agar angka stunting kita dapat ditekan dan dengan adanya fokus sasaran yang kita giatkan," tutupnya. (alh/hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook