Generasi Muda Harus Bisa Memilah Dan Memilih Teknologi Yang Bermanfaat

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 20 September 2018 23:37, Dibaca 312 kali.


MMCKalteng - Setelah sukses menggelar Sosialisasi Literasi Media di Era Digital di Kecamatan Maliku Selasa (18/9), kini Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Pulang Pisau kembali menggelar Sosialisasi Literasi Media di Era Digital di Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (20/9).

Dalam kesempatan tersebut, Camat Jabiren Raya, Agustinuah Manjin dalam sambutannya mengatakan untuk generasi muda khususnya anak remaja dikalangan pelajar harus bisa memilah dan memilih teknologi yang bermanfaat, artinya bermanfaat dapat mendatangkan keuntungan melalui hal yang positif dan juga harus bisa membedakan teknologi yang bisa membawa kerugian bagi pengguna dan orang lain.

(Baca Juga : Pengukuhan Pengurus Forum Bela Negara Kota Palangka Raya)

Ia mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan sosialisasi tersebut, dan dia berpesan kepada para pelajar baik siswa/siswi yang ada disekitar sekolahan di Kecamatan Jabiren Raya, baik dari SMP dan SMA yang diutus untuk mengikuti kegiatan tersebut agar dapat memahami serta dapat menerapkannya pada kehidupan sehari-hari, ujarnya.

Terpisah, Kepala Diskominfo Kabupaten Pulang Pisau, Moh. Insyafi dalam sambutannya kepada para Peserta mengatakan bahwa Sosialisasi yang digelar di Kecamatan Jabiren Raya tersebut adalah Sosialisasi yang kedua setelah di Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau.

Lebih lanjut, Insyafi menerangkan di era digital, di era teknologi dan Informasi yang semakin canggih dengan kata lain ia menyebutnya sebagai “Dunia Tanpa Batas”.

Karena apa yang terjadi pada hari ini, jam ini dan saat ini diseluruh belahan dunia sana, bisa kita ketahui disini melalui kecanggihan teknologi, ucapnya.

Oleh karena itu, sebagai generasi muda harus bisa memahami bagaimana memanfaatkan teknologi secara positif  dan lebih bijak dalam menggunakan Media Sosial (Medsos) seperti facebook, twitter, Instagram serta Whatsapp daln lainnya, ujar Insyafi.

“Kita harapkan Media Sosial menjadi berkah bagi kita semua, bukan menjadi musibah” Tukas Insyafi.

Karena, apabila salah dalam menggunakan medsos, misalnya dapat membuat keresahan orang lain seperti menebarkan ujaran kebencian (Hate Speech), berita bohong (Hoax) dan SARA serta lainnya, itu bisa merugikan kita sendiri, jelasnya.

oleh karena itu perlunya diadakan sosialisasi literasi media di era digital ini guna memberikan pembinaan dan pemahaman sejak dini, ungkap Insyafi. (MC. Pulang Pisau/Wardoyo/Kurniawan/Rj)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook