Lapas Dan Rutan Se_Kalteng Ikuti Gelar Doa Bersama Untuk Indonesia

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 10 Agustus 2018 17:42, Dibaca 648 kali.


MMCKalteng – Satu lagi rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yakni Gelar Do’a Bersama untuk Indonesia yang dilaksanakan pada hari ini Jum’at (10/08) secara serentak melalui media video conferenfe yang relay langsung dari pusat dengan dipimpin ustad kondang Muhammad Arifin Ilham yang diikuti “Lebih dari 250.000 WBP dan 44.000 Petugas Pemasyarakatan se-Indonesia.

Seluruh Jajaran Pemasyarakatan Se-Kalimantan Tengah hari ini juga turut ambil bagian dalam kegiatan Doa bersama untuk Indonesia.  Atas kegiatan tersebut, Yoseph Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng mengapresiasi para Kepala UPT Pemasyarakatan Se-Kalimantan Tengah yang telah melaksanakan perintah pimpinan pusat. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan kegiatan pembinaan keagamaan sebagai bagian dari pembinaan kepribadian bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

(Baca Juga : Divisi Administrasi Kanwil sambangi Lapas Narkotika Kasongan)

Saat ini, Pemasyarakatan tidak lagi dianggap sebagai lembaga “pembalasan”, namun sebagai proses theurapoutie dan tempat pembinaan untuk menyembuhkan seseorang yang pernah tersesat karena kelemahan yang dimilikinya. Upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dilakukan agar WBP menyadari sepenuhnya kesalahan yang telah diperbuat sehingga tidak akan mengulangi perbuatannya.

Oleh karenanya, sebagai bagian dalam program pembinaan keagamaan tersebut, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah juga telah melaksanakan kegiatan pembinaan keagamaan melalui Gerakan Cinta Ibadah, yang mana telah kita laksanakan secara bersama-sama baik di Kantor Wilayah sendiri maupun di Unit Pelaksana Teknis yang ada di Kalimantan Tengah.

Menurutnya, dengan Cinta Ibadah bagi petugas adalah sebagai Pondasi dari Ayo Kerja Kami “PASTI” sedangkan bagi para WBP yakni sebagai pondasi diri menjadi pribadi yang tahan uji.

Lebih lanjut dikatakannya, pada kegiatan doa bersama ini kita di Kalimantan Tengah dari semua kalangan turut mendo’akan saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah gemba bumi yang melanda di NTB dan Bali. Karena musibah tersebut juga memberikan duka yang mendalam bagi kita Insan Pemasyarakatan dimana terdapat beberapa UPT Pemasyarakatan yang mengalami kerusakan meskipun tidak menimbulkan korban jiwa.

Kita semua berdoa, semoga atas cobaan ini mereka semua diberikan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dan segala infranstruktur yang mengalami kerusakan bisa diperbaiki dengan segera, agar pelayanan kita kepada masyarakat bisa seperti sedia kala, terang Yoseph Kakanwil Kemenkumham Kalteng. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Agust 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook