Permintaan Sapi dan Kambing di Palangka Raya Meningkat

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 08 Agustus 2018 11:44, Dibaca 4 kali.


MMCKalteng - Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Verteriner (Kesmavet) pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, Sumardi mengatakan, pengadaan sapi dan kambing di Kota Palangka Raya saban tahunnya kian meningkat.

Adanya peningkatan pengadaan sapi maupun kambing ini kata Sumardi, dikarenakan meningkatnya permintaan yang dilakukan para pedagang di Palangka Raya terhadap kedua hewan ternak tersebut, terutama menjelang hari Raya Idul Adha.

(Baca Juga : Sosialisasi dan Pembinaan Jasa Konstruksi Kabupaten Lamandau Tahun 2019 )

Meningkatnya pengadaan sapi maupun kambing oleh para pedagang, maka akan lebih menunjang kebutuhan akan hewan kurban terutama menjelang hari raya Idul Adha 1439 Hijriah, ungkapnya, Selasa (07/08/2018)

Disadari lanjut Sumardi, terkhusus untuk sapi kurban di Palangka Raya selama ini, masih mendatangkan dari luar daerah. Karena hasil ternak sapi lokal masih berada di bawah 10 persen. Dengan adanya pengadaan sapi yang dilakukan para pedagang, maka akan menjaga ketersediaan stok hewan kurban.

Berdasarkan data pada tahun 2013, persediaan sapi kurban di Palangka Raya tercatat 842 ekor. Sedangkan pada tahun 2014 persediaan sapi kurban mencapai 867 ekor. Lalu pada 2015 tercatat pedagang mampu menyediakan 865 ekor sapi dan 281 kambing kurban. Untuk tahun 2017 lalu tercatat para pedagang di Kota Cantik ini mempu menyediakan sapi kurban sebanyak 900 ekor dan kambing 300 ekor. jadi grafik pengadaan sapi dan kambing terus meningkat, sebut Sumardi.

Ditambahkan, adanya peningkatan penyediaan kedua hewan ternak tersebut, juga didasari tingginya permintaan masyarakat yang saban tahunnya terus bertambah. Terutama untuk melaksanakan hari raya Idul Adha.

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook