Hari Lingkungan Hidup, Ajak Masyarakat Kendalikan Sampah Plastik

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 06 Agustus 2018 21:04, Dibaca 7 kali.


MMC Kalteng - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) peringati Hari Lingkungan Hidup di Taman Agro Wisata Tani Subur Desa Pangkalan Tiga Kecamatan Pangkalan Lada, Sabtu (4/8). Agenda yang berlangsung setiap tahun ini dimaksudkan untuk menciptakan kesadararan tentang masalah lingkungan hidup yang berkelanjutan, dan pada tahun ini mengusung tema “Kendalikan Sampah Plastik” dengan penekanan pada pembentukan model sistem ekonomi ramah lingkungan atau circular economy.

Adapun yang hadir pada kegiatan ini, unsur forkopimda, kepala SOPD, camat, kepala desa, pimpinan perusahaan swasta, kepala sekolah, beberapa LSM lingkungan dan pelajar.

(Baca Juga : Pemkab Pulang Pisau Bentuk Tim Tanggap Darurat)

Pada peringatan kali ini, Kepala DLH Kobar Bambang Djatmiko Trikora mengimbau masyarakat untuk terus peduli dan menjaga lingkungan hidup. Hal ini sebagai penyegaran kembali komitmen bersama terhadap pelestarian lingkungan hidup, terlebih Kabupaten Kobar telah berhasil meraih Adipura selama 11 tahun berturut-turut. Ini merupakan cerminan upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar dalam penyediaan ruang-ruang ramah lingkungan terutama di Kota Pangkalan Bun.

“Pola pembentukan kawasan Adipura bertitik berat pada terpenuhinya pengelolaan persampahan dan ruang terbuka hijau yang baik serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Upaya perluasan dan penyebaran pola Adipura terus dilakukan pada kecamatan-kecamatan diluar kota Pangkalan Bun agar program Adipura menjadi menyeluruh di Kabupaten Kotawaringin Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyampaikan untuk memperkuat kembali sinergitas antar sektor guna mendukung program pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan, pada peringatan Hari Lingkungan Hidup kali ini juga diisi dengan serangkaian kegiatan, diantaranya lomba kebersihan tingkat SD, SLTP, STLA/Sederajat, RT Kawasan Pesisir, Kecamatan dan SOPD serta dilakukan pula aksi penanaman pohon.

Ditengah-tengah acara peringatan Hari Lingkungan Hidup ini, juga dilakukan penyerahan bantuan kotak sampah dari beberapa perusahaan swasta kepada Pemkab Kobar sebagai bentuk dukungan pengelolaan lingkungan pada fasilitas umum dan sekolah dalam upaya Kabupaten Kobar meraih Adipura yang ke 12.

Melalui peringataan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, diharapkan meningkatkan komitmen bersama antara Pemkab Kobar beserta seluruh stakeholder dan masyarakat dalam mendukung Gerakan Nasional Indonesia Bebas Sampah 2025 melalui pengurangan timbulan sampah plastik dengan penerapan konsep 3R (reuse, reduce, recycle). (Humas Diskominfo Kobar/*)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook