Palangka Raya Ujicoba Penangkaran Kambing Pedaging

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 24 Juli 2018 11:01, Dibaca 12 kali.


MMCKalteng - Kota Palangka Raya terus berupaya untuk mewujudkan swasembada daging. Selain memacu kawin suntik terhadap sapi betina, kini juga sedang dilakukan ujicoba penangkaran kambing boer. Jika ujicoba kambing pedaging ini berhasil, maka nantinya akan diternakan dengan jumlah banyak, sehingga kebutuhan daging kambing bisa tercukupi.

Kepala Bidang Kelahiran dan Produksi Ternak pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya, Supriyanto mengatakan pada ujicoba kambing pedaging ini hanya untuk 10 ekor. Bibit kambing boer ini dibeli dari Malang, Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya dipelihara di UPT milik Dinas Pertanian di Kelurahan Kalampangan.

(Baca Juga : Gumas Raih Predikat Tiga Besar Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Kabupaten/Kota Se-Kalteng Tahun 2019)

" Dari 10 ekor yang kita beli ini satu ekor mati. Jadi tinggal 9 ekor sudah bunting," ucap Sugiyanto, Senin (23/07/2018). Menurut Sugiyanto, berdasarkan observasi, memelihara kambing boer di Kota Palangka Raya ini cukup bagus. Buktinya dari 10 ekor yang dipelihara tersebut dalam kesehatan, meski ada satu ekor yang mati.

Menurutnya di Kota Palangka Raya cukup banyak rumput, sehingga juga memudahkan petani untuk memelihara kambing pedaging tersebut.

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook