Sebanyak 2.823 KK di Wilayah Kecamatan Arsel Terdampak Banjir

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 23 Juli 2020 22:11, Dibaca 41 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Kondisi curah hujan yang tinggi beberapa pekan terakhir mengakibatkan terjadinya banjir yang melanda pada beberapa wilayah di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Banjir tersebut terutama terjadi di daerah bantaran sungai dan daerah dengan lokasi geografis yang rendah.

Beberapa wilayah di Kecamatan Arut Selatan (Arsel) juga terdampak banjir. Berdasarkan laporan data dari kelurahan/desa di wilayah Kecamatan Arsel yang telah direkap oleh kecamatan, jumlah penduduk yang terdampak banjir berjumlah 2.823 KK dengan rincian sebagai berikut :

(Baca Juga : Perbaiki Infrastruktur Menuju Kawasan Pertanian di Jalan Manduhara)

  1. Kelurahan Mendawai sebanyak 554 KK dengan jumlah rumah sebanyak 554 unit
  2. Kelurahan Mendawai Seberang sebanyak 325 KK dengan jumlah rumah sebanyak 299 unit
  3. Kelurahan Raja sebanyak 142 KK dengan jumlah rumah sebanyak 142 unit
  4. Kelurahan Raja Seberang sebanyak 255 KK dengan jumlah rumah sebanyak 255 unit
  5. Kelurahan Baru sebanyak 800 KK dengan jumlah rumah sebanyak 800 unit
  6. Desa Kumpai Batu Bawah sebanyak 725 KK dengan jumlah rumah sebanyak 725 unit
  7. Desa Tanjung Terantang sebanyak 315 KK dengan jumlah rumah sebanyak 315 unit

Dari keseluruhan kelurahan/desa dengan data terlapor, banjir mengakibatkan rumah terendam, akses jalan terputus/tergenang sehingga menghambat aktifitas dan kegiatan masyarakat sehari-hari.

Laporan data kelurahan/desa di wilayah Kecamatan Arsel telah dikirimkan kepada Bupati Kobar dengan tembusan disampaikan kepada Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai bahan untuk tindak lanjut dan proses selanjutnya sesuai dengan surat Camat Arsel nomor : 460/ 408.1/AS/VII/2020/ B.Kesra tanggal 23 Juli 2020 tentang Laporan Data Desa/Kelurahan Terdampak Banjir. Camat Arsel, Muhammad Ramlan menyampaikan bahwa Pemerintah Kecamatan Arsel telah melakukan update data mengikuti perkembangan terkini keadaan di lapangan. Data yang diperoleh sampai dengan hari Kamis (23/7/2020) terdapat sebanyak 2.823 KK di kelurahan/desa yang terdampak banjir.

"Berdasarkan kondisi di lapangan dan laporan data dari Kelurahan/Desa di wilayah Kecamatan Arsel per Kamis (23/7/2020) tercatat sebanyak 2.823 KK yang terdampak banjir. Data tersebut telah kami kirimkan sebagai laporan ke Bupati Kobar, Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Kobar sebagai dasar pemberian bantuan sosial. Semoga bantuan segera dapat disalurkan agar dapat membantu meringankan beban bagi korban banjir," kata Ramlan. (kec-arsel)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook