Hari Jadi Kota Palangka Raya Ke-61

Kontribusi dari Widianatalia, 17 Juli 2018 15:38, Dibaca 1,260 kali.


Tanggal 17 Juli 2018 tepatnya pada hari Selasa, diperingati sebagai hari jadi Kota Palangka Raya yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah yang ke-61.

Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno mendarat pertama kali di Kota Palangka Raya pada Tahun 1957, dan langsung menancapkan tiang pancang atau yang dikenal sebagai tiang pertama Pembangunan Kota Palangka Raya sebagai simbol awal pembangunan Kota Palangka Raya. Tiang pertama Pembangunan Kota Palangka Raya diresmikan pada tanggal 17 Juli 1957, dengan ditandai peresmian Monumen/Tugu Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah di Pahandut. Kemudian berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 1958 Ibu Kota Provinsi yang dulunya Pahandut berganti nama menjadi Palangka Raya. Lokasi Tiang pertama sekarang yang dikenal dengan nama Tugu Soekarno berlokasi di Jalan S. Parman, Palangka Raya. Proklamator dan Presiden RI pertama Ir. Soekarno telah mewacanakan Kota Palangka Raya sebagai Ibu Kota Negara sejak lama.

(Baca Juga : Halalbihalal Simbol Kerukunan)

Wilayah Kota Palangka Raya terdiri dari 5 (lima) Kecamatan yaitu Kecamatan Pahandut, Kecamatan Sabangau, Kecamatan Jekan raya, Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Rakumpit.

Di Tahun 2018 ini Palangka Raya menjadi salah satu calon Ibu Kota Negara Indonesia dan sedang dilakukan pengkajian lebih lanjut. Harapannya, semoga Kota cantik kita ini bisa mewujudkan impian Ir. Soekarno untuk menjadi Ibu Kota Negara Indonesia. Dirgahayu Kota Palangka Raya ke - 61. (Foto:Net)

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook