Kuatkan Penyelenggaraan SPIP, Inspektorat Kobar Gelar Bimtek

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 14 Juli 2018 09:15, Dibaca 386 kali.


MMC Kalteng - Untuk menguatkan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), Inspektorat Kobar menggelar Bimtek Penyelenggaraan dan Maturitas SPIP, diikuti oleh 80 peserta dari perwakilan SOPD di  Aula Inspektorat Kobar yang berlangsung dari tanggal 10 hingga 12 Juli 2018.

Inspektur Kobar Suyanto dalam  sambutannya memberikan apresiasi kepada peserta yang hadir di acara tersebut. ”Kehadiran kita disini sebagai salah satu sinergi lembaga dalam menambah kemampuan kita  mengelola keuangan negara untuk mencapai target pembangunan daerah. Mengingat PP 60 Tahun 2008 tentang SPIP sudah 10 tahun berjalan namun kita masih stagnan, padahal sesuai RPJMN disebutkan kelembagaan dan juga pemerintah daerah target untuk penilaian maturitas SPIP mencapai level 3, sehingga Kobar dirasa perlu melaksanakan Bimtek Penyelenggaraan dan Maturitas SPIP ini.”  

(Baca Juga : RPJMD Acuan Utama Penyusunan Renstra  )

Pemateri dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalteng Suyatno memberikan paparan mengenai gambaran umum pelaksanaan SPIP. Menurutnya, pelaksanaan SPIP merupakan tanggung jawab bersama mulai dari level pimpinan sampai dengan seluruh jajaran staf di lingkungan pemerintah daerah. Dimana lima unsur dalam SPIP yaitu lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan dan pengendalian intern harus dilaksanakan.

“SPIP merupakan upaya membentuk perubahan sikap dan perilaku organisasi sehingga SPIP secara konsisten, yang diawali dengan keteladanan pimpinan melalui pemantauan yang terus menerus,” pungkasnya. (Humas Diskominfo Kobar/*)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook