Ini Kesepakatan PT Indomuro Kencana dengan 12 Desa

Kontribusi dari Ari Satrio Basuki, 21 Juni 2018 09:39, Dibaca 9 kali.


MMCKalteng - Tahap demi tahap terus dilakukan mediasi antara masyarakat dan PT Indomuro Kencana (IMK) terkait dengan permohonan masyarakat untuk bisa ikut menambang di areal pertambangan emas milik IMK.

Dan puncaknya digelar pertemuan yang dimediasi oleh Pemerintah,  Polres Murung raya dan Kodim 1013 Muara Teweh antara IMK dan perwakilan masyarakat 12 desa yang menjadi desa binaan yang berada di ring 1 PT IMK.

(Baca Juga : Banjir Mulai Berangsur Surut, Bupati Hj Nurhidayah Imbau Masyarakat Tetap Waspada)

Pertemuan yang dihadiri Asisten I Setda Murung Raya Budie,  Kapolres AKBP Esa Estu Utama, Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Inf Abraham Kalelo, para Camat dan Kades di wilayah operasionall IMK digelar di Aula Kantor Kecamatan Tanah Siang Selatan, Kamis (21/6/2018) lalu.

Di mana dalam pertemuan tersebut, ada beberapa poin kesepakatan yang ditelurkan dan tertuang dalam berita acara pertemuan.

Kesepakatan tersebut di antaranya bahwa masyarakat 12 desa menyetujui rencana ppengambilan batu dari IMK di Wester Dump yang ditentukan oleh pihak IMK. Dan pengambilan batu akan dilakukan bersama sama dan diatur oleh Kepala Desa di 12 desa.

Dan lokasi west dump IMK akan bisa dioperasikan per tanggal 1 Juli mendatang sehingga diperkirakan pada tanggal demikian masyarakat sudah mulai bisa mengambil batu yang disiapkan oleh IMK.

Termasuk operasional dan tata cara pengambilan batu lebih detail akan dirumuskan bersama sama oleh 12 desa dan perwakilan perusahaan.

Sementara itu, Asisten I Budie mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar lebih menjaga situasi kondusif dan jangan sampai terpengaruh lagi dengan adanya isu isu atau berita hoax terkait dengan kondisi di IMK.

Selanjutnya, Kapolres Murung raya ketika itu menyampaikan akan langsung memerintahkan seluruh jajarannya untuk menyosialisasikan kesepakatan yang dibuat antara masyarakat dan IMK tersebut dan diharapkan adanya kesepakatan ini tidak ada lagi hal-hal yang bisa menganggu stabilitas keamanan terulang kembali. (MC_Murung Raya/selvin/Taufiq/Rafik/Nino)

Ari Satrio Basuki

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook