10 Desa di Kab. Kotim Memanfaatkan Teknologi VSAT Untuk Mengakses Internet

Kontribusi dari Diana Irawati, 08 November 2017 07:55, Dibaca 13 kali.


MMCKalteng - Sebanyak 10 desa di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dipastikan dapat mengakses internet dengan memanfaatkan teknologi jaringan VSAT.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Kotim Multazam, mengatakan bahwa dengan terkoneksinya internet di 10 desa tersebut merupakan upaya pemerintah daerah dalam membuka keterisolasian informasi dan internet di desa-desa yang belum mendapat akses sinyal telepon seluler.

(Baca Juga : Ben: Laksanakan Tugas dengan Baik dan Penuh Tanggung Jawab)

"Di Kabupaten Kotawaringin Timur ada sekitar 26 desa yang blankspot. Untuk memfasilitasi sejumlah desa yang ingin mendapatkan akses internet menggunakan jaringan berbasis VSAT," tambahnya.

Menurut Multazam, akses internet di sepuluh desa tersebut sudah berjalan 3 bulan terakhir. "Rencananya tanggal 12 November 2017 akan mencoba video call menggunakan teknologi VSAT ini," jelasnya.

Disampaikan juga bahwa banyak desa yang ingin mengikuti program ini, namun yang baru terealisasi hanya 10 desa saja, yaitu Hanjalipan, Bagendang Hulu, Bagendang Tengah, Bantian, Damar Makmur, Bukit Makmur, Jatiwaringin, Luwuk Sampun, Tukang Langit dan Tumbang Hejan.

Pemerintah Daerah terus berusaha mengupayakan internet juga bisa di akses di desa-desa lainnya.

"Kita berharap di tahun 2018 nanti lebih banyak desa yang dapat menggunakan program ini. Teknologi VSAT ini menggunakan parabola yang langsung dari satelit. Desa yang cukup jauh menggunakan teknologi ini yaitu Desa Tukang Langit," Kecamatan Telaga Antang ujarnya.

Lebih lanjut Multazam mengatakan, untuk penggunaan VSAT ini masing-masing desa dapat mengalokasikan anggaran sendiri melalui ADD.

Untuk dapat mengoperasikan alat VSAT ini yaitu menggunakan solar cell atau listrik tenaga surya. Penggunaan solar cell ini dikarenakan di desa-desa yang ada di pelosok masih banyak yang belum terjangkau jaringan listrik PLN. (Adm Kotim)

 

Diana Irawati

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook