Pemkab Murung Raya Pertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Kontribusi dari Ari Satrio Basuki, 04 Juni 2018 00:00, Dibaca 1,387 kali.


MMCKalteng - Pemerintah Kabupaten Murung Raya mampu mempertahankan opini  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tiga kali berturut turut.
Memang opini WTP bukanlah sebuah piala yang diberikan kepada juara, namun predikat tersebut menjadi sangat penting diraih karena menjadi salah satu indikator pengelolaan keuangan yang baik di pemerintahan.
Raihan opini WTP disampaikan saat penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)  atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah se Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun Anggaran 2017 oleh perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kalteng, Rabu (30/5/2018) di Aula Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalteng.

Di mana dalam acara itu, selain Kabupaten Mura, ada 7 Kabupaten lainnya yang juga hadir dan menerima LHP.Saat itu, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalteng, Ade Iran Riswama mengatakan bahwa pemberian WT karena memperhatinkan keseusian standart akutansi kepemerintahan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah masing masing. Selain itu, dirinya juga menyampaikan apresiasi dimana ada pemerintah daerah yang tetap mampu mempertahankan opini WTP yang didapat sebelumnya, dan juga memberikan apresiasi dan bangga kepada Pemerintah Daerah yang mampu meraih Opini WTPpada tahun ini. “Saya tegaskan, opini WTP bukanlah pemberian dari BPK, namun hasil kerja keras dari seluruh aparatur Pemerintah dan DPRD masing masing daerah,” jelasnya.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Drs. Syarkawi H Sibu usai  menerima piagam opini WTP saat itu mengatakan dirinya atas nama Pemerintah dan masyarakat cukup gembira dengan Opini yang diraih, dan tentu apresiasi terhadap hasil kerja keras selama ini sehingga Kabupaten Mura mamu meningkatkan opini dan tahun kembali berhasil meraih opini tertinggi yaitu WTP.

(Baca Juga : Walikota Tanam Pohon Kalangkala)


Tentu hal ini jelasnya bukanlah keberhasilan unsur pimpinan semata , namun keberhasilan seluruh jajaran Pemerintah bersama pihak legislatif yang telah bekerja keras dan mampu membuat pelaporan keuangan berbasis aktual yang baik dan memenuhi ketentuan.
Syarkawi mengatakan tentu keberhasilan ini menjadi sebuah motivasi bagi seluruh jajaran kedepan untuk bisa bekerja lebih baik lagi dan harus mampu mempertahankan opini WPT dari tahun ke tahun.
“Tentu masih banyak kekurangan yang harus dibenahi, khususnya dalam hal pelaporan keuangan sehingga kami akan terus melakukan pembenahan, perbaikan untuk mampu menyampaikan laporan lebih baik lagi ke depan,” jelasnya.

DISKOMINFO SP Kab.Murung Raya Media Center (Taufiq,N.O,Rafik,Selvin)

Ari Satrio Basuki

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook