Keseruan Bukber di Palangka Raya, Masjid Raya Darussalam

Kontribusi dari Rikah Mustika, 21 Mei 2018 08:28, Dibaca 991 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Mencari kebersamaan saat jelang buka puasa? Anda yang muslim bisa datang ke Masjid Raya Darus Salam Palangka Raya, Kalteng. Pasti akan ditemui suasana keakraban menikmati takjil bersama lebih dari 700 orang disini.

Mereka berjajar saling menghadap dan saling membelakangi dalam barisan panjang yang teratur rapi. Tak kenal tua-muda, banyak remaja, juga anak-anak yang mengikuti orang tuanya ke masjid yang dibangun di sebelah masjid lama tersebut, termasuk musyafir.

(Baca Juga : Prakiraan Cuaca Mingguan Wilayah Kalteng 23-29 September 2019)

“Sampai hari ke-4 ini, rata-rata 700 jamaah hadir disini untuk takjil dan buka bersama disini,” kata Sekretaris Ta’mir Ramadan Masjid Raya Darussalam, Ahmad Supriyadi, Minggu (20/5/2018).

Bagaimana ratusan takjil dan buka puasa itu hadir di Masjid tiga lantai ini? Ia menuturkan, ada panitia khusus yang ‘kebagian memasak dan menyiapkan hidangan. Lalu bantuan dari mana?
“Tiap hari ada yang bersedia menanggung, empat hingga enam orang donatur,” terang Imam Masjid Raya, KH Chairuddin Halim.

Masjid ini terletak di jalan G Obos Palangka Raya. Berdampingan dengan Asrama Haji Al Mabrur dan IAIN Palangka Raya. Masjid megah ini diresmikan pada 23 Juli 2015, satu kompleks dengan pendidikan usia dini hingga SMP, yang disebut islamic center.

Nuansa khas dayak kental di arsitektu masjid ini, antara lain ornamen Talawang yaitu tameng atau perisai khas dayak kokoh di kanan kiri pintu masuk masjid menyapa jamaah saat berjalan dari tempat parkir. Juga beberapa ornamen-ornamen lainnya yang memberi arti adaptif budaya lokal.

Usai diresmikan, ada beberapa bagian yang diganti terutama yang bagian eksterior, seperti kubah. Dulu, berwarna kuning keemasan sekarang tampil dengan corak warna berbeda. Masjid ini dipercantik oleh Gubernur Sugianto Sabran dalam penambahan anggaran.

Masjid pun masih terus dilakukan penyempurnaan khususnya bagian menara, dimana menara masjid ini setinggi 114 meter. Ke depan, masjid Raya ini juga menjadi ikon wisata baru. Menara yang dilengkapi dengan lift ini bisa diakses umum dan menjadi menara pandang untuk melihat Palangka Raya dari ketinggian.

Luas total masjid untuk dua lantai 3.358,5 meter persegi dengan kapasitas kurang lebih 5.000 jemaah. Halaman masjid itu bisa dipakai untuk shalat seluas 3.442,5 meter persegi, dengan kapasitas kurang lebih 15.000 jamaah. Jadi kapasitas total masjid ini (luar-dalam) mencapai 20.000 jamaah. (**)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook