Kurma : Salah Satu Ciri Khas di Bulan Ramadhan

Kontribusi dari Widianatalia, 17 Mei 2018 13:49, Dibaca 1,317 kali.


Salah satu buah yang terkenal di bulan Ramadhan adalah kurma. Kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah kurma memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan yang terdapat pada buah kurma kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, kalium, sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat menjalani puasa. Dengan banyaknya kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, mengkonsumsi buah kurma ketika berbuka bisa membuat perut menjadi lebih  cepat kenyang dan dapat membantu mengontrol nafsu makan ketika berbuka agar tidak makan berlebihan.

Di bulan Ramadhan beberapa manfaat mengkonsumsi buah kurma bagi kesehatan yaitu dapat menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang cenderung mengalami peningkatan saat berbuka puasa.

(Baca Juga : PAUD Masa Depan)

Selain itu, kurma bermanfaat untuk mencegah sembelit. Tidak jarang memang ketika puasa orang banyak yang mengalami masalah dalam pencernaan seperti sembelit dikarenakan di dalam kurma memiliki kandungan tinggi serat yang sangat efektif sekali dalam mengatasi masalah dalam pencernaan.

Setelah seharian berpuasa, kita membutuhkan banyak energi untuk kembali aktif dalam melakukan banyak kegiatan, mengkonsumsi buah kurma juga bermanfaat sebagai sumber energi. Kandungan glukosa yang sangat tinggi dalam buah kurma merupakan sumber energi yang dapat membantu tubuh kembali bugar setelah seharian menjalani puasa. Namun, bagi yang memiliki riwayat diabetes sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi buah kurma karena kandungan glukosa dalam buah kurma sangat tidak baik bagi penderita diabetes.

Menjaga kondisi kesehatan selama berpuasa sangat penting mengingat masih banyak kegiatan yang harus kita lakukan, salah satunya menjaga kondisi pencernaan. Ketika puasa tentu lambung dalam kondisi kosong, jika diharuskan menyantap menu buka puasa yang berat seperti nasi dan lauk lainya tentu akan sedikit mengganggu kondisi kesehatan pencernaan. Namun dengan mengawali berbuka puasa dengan buah kurma tidak akan mengagetkan perut karena buah kurma sangat mudah untuk dicerna. Maka dengan begitu pencernaan Anda tidak akan mengalami masalah selama menjalankan puasa satu bulan lamanya.

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook