Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Tumbuh Lebih Baik Sekitar 6,74%

Kontribusi dari Rikah Mustika, 14 Mei 2018 12:43, Dibaca 1,269 kali.


MMCKalteng – Dalam Rapat Konsultasi Analisis Ekonomi Regional (Rakonreg) Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Bappeda Kota Palangka Raya di Luwansa Hotel Palangka Raya, Senin (14/5). Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Tengah Setian  menyampaikan kondisi terkini perekonomian di Kalimantan Tengah Kondisi perekonomian di Kalimantan Tengah tumbuh lebih tinggi dari nasional dalam 5 tahun terakhir yaitu 6,74%.

Perekonomian Indonesia terus menunjukkan perbaikan kinerja dan mampu tumbuh positif selama tahun 2017 sehingga realisasi pertumbuhannya menjadi yang tertinggi selama 4 tahun terakhir. Sejalan dengan pertumbuhan nasional, perekonomian di Kalimantan mampu tumbuh lebih tinggi dari tahun sebelumnya sejalan dengan perbaikan kinerja ekspor khususnya tambang dan pertanian.

(Baca Juga : Dishub Lakukan Penyemprotan Terhadap Dua Kapal di Pelabuhan Batanjung)

Sedangkan kondisi perbankan di Kalimantan Tengah terindikasi membaik pada bulan Maret 2018, kredit perbankan tumbuh dan Loan to Deposit Ratio (LDR) menunjukkan adanya peningkatan. Selain itu, Non Performing Loan (NPL) juga menunjukkan adanya perbaikan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Secara sektoral, kredit di Kalimantan Tengah masih didominasi oleh sektor primer sebesar 48,18% (sektor pertanian 45,83%) dan sektor tersier sebesar 45,84%. Sedangkan untuk penggunaannya, kredit didominasi oleh kredit investasi dan modal kerja dengan debitur dominan merupakan korporasi.

Kredit UMKM memiliki pangsa 21,66% terhadap total kredit di Kalimantan Tengah, dengan dominasi digunakan sebagai modal kerja dari sisi jenis penggunaan, dan di sektor perdagangan dari sisi sektoral. Pertumbuhan kredit UMKM pada 2 tahun terakhir menjadi indikasi berkembangnya UMKM di Kalimantan Tengah dan memiliki potensi untuk dikembangkan. (Rikah / Foto : Rikah)

 

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook