Desk terkait Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Kontribusi dari Iin Carolina, 14 Mei 2018 10:53, Dibaca 679 kali.


Senin, 14/5/2018 bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Palangka Raya, Desk tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik, dibuka resmi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik  DKISP Kota Palangka Raya, Martiana Winarsih.

Kegiatan ini sekaligus Sosialisasi cara panduan upload dokumen informasi publik ke aplikasi PPID, dan ada beberapa poin yang disampaikan yaitu setiap PPID Pembantu diharapkan dapat menyerahkan SK kepada PPID Utama, dapat menyusun daftar informasi publik untuk informasi yang dikecualikan dan dokumen tersebut dapat dilengkapai dan di upload ke aplikasi PPID melalui url www.ppid.palangkaraya.go.id dan setiap operator akan diberikan user/password untuk login dan diharapkan operator dapat melakukan update dokumen maksimal 6 (enam) bulan sekali.

(Baca Juga : Kepala OPD Diminta Kawal Program Agar Selesai Tepat Waktu )

Dalam kesempatan ini, ibu Martiana menyampaikan regulasi terkait PPID diantaranya pembentukan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) Utama dan pembantu di UU No. 14 Tahun 2008 Pasal 13, Permendagri No 3 Tahun 2017 BAB  IV pasal 6, Daftar Informasi Publik yang terbuka (Berkala, serta merta dan setiap saat), Daftar Informasi Publik yang dikecualikan ada di Peraturan di UU No. 14 Tahun 2008 pasal 17, Perki No. 1 Tahun 2017 tentang Pengklasifikasian Informasi Publik, Standar Operasional Prosedur Pelaksanaan Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik pada Perko No. 7 tahun 2010 Pasal 19-28, dan Permendagri No. 3 Tahun 2017 Pasal 16. Untuk pelaksanaan monitoring dan evaluasi terkait dengan pelayanan dan pengelolaan informasi publik rencananya dilaksanakan pada bulan juni 2018 dan Kegiatan ini dihadiri oleh 35 operator dari masing-masing SOPD Kota Palangka Raya. (iin punuh)

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook