Fahrizal Fitri : Badan Publik yang Belum Memenuhi Standar Kualifikasi Keterbukaan Informasi Publik Agar Segera Memperbaiki Kinerja

Kontribusi dari Widia Natalia, 15 Maret 2021 11:53, Dibaca 262 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri menyampaikan evaluasi pelaksanaan layanan informasi publik oleh Badan Publik yang dilakukan oleh Komisi Informasi merupakan bagian penting dan tidak bisa terpisahkan dalam rangkaian kegiatan pelayanan keterbukaan informasi publik, dimana evaluasi dimaksudkan untuk mendorong peran aktif setiap PPID untuk meningkatkan pelayanan dan pengelolaan layanan informasi pada Badan Publik sehingga diharapkan terdapat sinergitas dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada publik, agar apa yang menjadi tugas dan kewajiban sebagai Badan Publik dapat dilaksanakan dengan baik dan memenuhi standar layanan informasi publik. Hal ini disampaikan oleh Fahrizal Fitri saat membacakan Sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik di Prov. Kalteng Tahun 2020, bertempat di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (15/03/2021).

Fahrizal Fitri mengatakan Pemberian Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik di Prov. Kalteng menunjuk kinerja masing-masing layanan publik dalam rangka memenuhi standar.

(Baca Juga : Bukit Raya, salah satu Seven Summit of Indonesia)

“Ini adalah menunjuk kinerja masing-masing layanan publik dalam rangka memenuhi standar. Bagaimana keterbukaan informasi publik bisa diakses oleh publik”, ucap Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri berharap kegiatan ini merupakan even dari Komisi Informasi yang independen sehingga diharapkan semakin banyak Badan Publik yang masuk kategori kualifikasi keterbukaan informasi publik. Fahrizal Fitri juga berharap Badan Publik yang belum masuk kategori agar segera memperbaiki kinerja dalam rangka memenuhi standar kualifikasi keterbukaan informasi publik.

Berdasarkan Surat Keputusan Komisi Informasi Prov. Kalteng Nomor : 92/KEP/KI KALTENG/XII/2020 tentang Hasil Pemeringkatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Terhadap Badan Publik di Wilayah Prov. Kalteng Tahun 2020, terdapat sebanyak 12 Badan Publik kategori Perangkat Daerah Prov. Kalteng yang menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik di Prov. Kalteng tahun 2020. Selain itu, terdapat 7 Badan Publik kategori Badan Publik Vertikal di Prov. Kalteng yang menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik di Prov. Kalteng tahun 2020. Pada kesempatan tersebut, diumumkan juga 6 Besar Kualifikasi Badan Publik Kategori PPID Utama Kabupaten/Kota.

Penghargaan yang diberikan kepada Badan Publik yang dinilai telah melaksanakan layanan keterbukaan informasi publik pada badan publiknya dengan baik dibedakan menjadi beberapa kualifikasi diantaranya Informatif, Menuju Informatif dan Cukup Informatif.

Pertama, Badan Publik kategori Perangkat Daerah Prov. Kalteng yang menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik kualifikasi Informatif yakni Dinas Kelautan & Perikanan Prov. Kalteng dengan nilai 96.54. Sementara, Badan Publik kategori Badan Publik Vertikal di Prov. Kalteng yang menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik kualifikasi Informatif yakni BPK RI Perwakilan Kalteng dengan nilai 96.94.

Kedua, Badan Publik kategori Perangkat Daerah Prov. Kalteng yang menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik kualifikasi Menuju Informatif diantaranya Dinas Kehutanan Prov. Kalteng diperingkat 1 dengan nilai 93.88, Dinas pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana Prov. Kalteng diperingkat 2 dengan nilai 91.85, Dinas Perhubungan Prov. Kalteng diperingkat 3 dengan nilai 91.03, Dinas Kesehatan Prov. Kalteng diperingkat 4 dengan nilai 89.18, Badan Pengembangan SDM Prov. Kalteng diperingkat 5 dengan nilai 88.97, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kalteng diperingkat 6 dengan nilai 87.42, Dinas Perpustakaan dan Arsip Prov. Kalteng diperingkat 7 dengan nilai 85.30 dan Biro Umum Setda Prov. Kalteng diperingkat 8 dengan nilai 85.29.  Badan Publik kategori Badan Publik Vertikal di Prov. Kalteng yang menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik kualifikasi Menuju Informatif diantaranya Badan Pusat Statistik Prov. Kalteng diperingkat 1 dengan nilai 95.34, Kantor Wilayah Kemenkumham Prov. Kalteng diperingkat 2 dengan nilai 91.63, LPP RRI Palangka Raya diperingkat 3 dengan nilai 90.44, Bawaslu RI Prov. Kalteng diperingkat 4 dengan nilai 88.06 dan Ombudsman RI Perwakilan Kalteng diperingkat 5 dengan nilai 84.11. Adapun Badan Publik Kategori PPID Utama Kabupaten/Kota yang menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik kualifikasi Menuju Informatif diantaranya Kota Palangka Raya diperingkat 1 dengan nilai 94.20, Kabupaten Kotawaringin Barat diperingkat 2 dengan nilai 90.26, Kabupaten Murung Raya diperingkat 3 dengan nilai 88.49, Kabupaten Kapuas diperingkat 4 dengan nilai 84.70, Kabupaten Pulang Pisau diperingkat 5 dengan nilai 81.54 dan Kabupaten Kotawaringin Timur diperingkat 6 dengan nilai 79.95.

Terakhir, Badan Publik kategori Perangkat Daerah Prov. Kalteng yang menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik kualifikasi Cukup Informatif diantaranya Badan Keuangan dan Aset Daerah Prov. Kalteng diperingkat 1 dengan nilai 77.79, Satuan Polisi Pamong Praja Prov. Kalteng diperingkat 2 dengan nilai 77.05 dan Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalteng diperingkat 3 dengan nilai 68.28. Badan Publik kategori Badan Publik Vertikal di Prov. Kalteng yang menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik kualifikasi Cukup Informatif yakni Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kalteng berada diperingkat 1 dengan nilai 77.97.

Ketua Komisi Informasi Prov. Kalteng Daan Rismon dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan dan kepatuhan Badan Publik dalam layanan keterbukaan Informasi Publik serta mewujudkan hasil evaluasi pelaksanaan dan kepatuhan Badan Publik dalam layanan keterbukaan Informasi Publik yang sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.


Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi selaku Ketua PPID Prov. Kalteng mengutarakan akan terus mendorong Badan Publik untuk menyampaikan laporan tahunan serta mengikuti tahap-tahap penilaian keterbukaan informasi publik.

“Terkait masih adanya Badan Publik yang belum menyampaikan laporan tahunan serta mengikuti tahap-tahap penilaian keterbukaan informasi publik, kita akan dorong dengan Surat dari Bapak Gubernur atau Surat Sekretaris Daerah agar semua SKPD menyampaikan laporan tahunannya, kemudian ikut didalam penilaian ini” pungkas Agus Siswadi. 

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kelautan & Perikanan Prov. Kalteng H. Darliansjah sebagai Badan Publik kategori Perangkat Daerah Prov. Kalteng yang menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik kualifikasi Informatif Peringkat 1 dalam Sambutannya menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Gubernur, Wakil Gubernur dan juga Sekretaris Daerah yang telah memberikan bimbingan, motivasi, serta saran kepada Dinas Kelautan & Perikanan Prov. Kalteng sehingga mampu mencapai badan atau dinas yang masuk dalam kategori Informatif.

Kepala Perwakilan BPK Prov.Kalteng Ade Iwan Rusawana dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada BPK Perwakilan Prov. Kalteng sebagai Badan Publik kategori Badan Publik Vertikal di Prov. Kalteng yang menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik Peringkat I kualifikasi Informatif oleh Pemerintah Prov. Kalteng dan Komisi Informasi.

“Ini salah satu bekal buat kami yang Tahun ini akan melakukan penilaian Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dan mohon dukungannya juga dan kerjasamanya untuk semua Instansi yang ada di Kalteng”, ucap Ade Iwan Rusawana.


Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dalam hal ini juga turut mengucapkan syukur atas pencapaian  Pemerintah Kota Palangka Raya yang menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik Peringkat 1 kualifikasi Menuju Informatif Kategori PPID Utama Kabupaten/Kota. 

“Kami haturkan kepada Bapak Gubernur serta seluruh jajaran Pemerintah Prov. Kalteng dan juga Komisi Informasi Prov. Kalteng beserta seluruh jajaran, hal ini menguatkan komitmen kami  melaksanakan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik untuk mewujudkan Good Governance yang ada di Pemerintah Kota Palangka Raya”, pungkas Fairid Naparin.

Nampak hadir pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik di Prov. Kalteng diantaranya Staf Ahli Gubernur  Bidang Kemasyarakatan dan SDM Herson B. Aden, Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Kepala Dinas /Badan/ Perangkat Daerah Prov. Kalteng, Kepala Instansi Vertikal serta para tamu undangan lainnya.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook