Diskominfo Pulang Pisau Hadiri Undangan Diskominfo Provinsi Kalteng

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 26 April 2018 21:21, Dibaca 482 kali.


MMCKalteng - Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Pulang Pisau melalui Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informatika I Ktut Nitra didampingi Kepala Seksi Layanan Media Komunikasi Publik hadiri undangan dari Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam rangka rapat koordinasi (Rakor) dan sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Kamis (26/4) di Aula Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah.

Sarjono selaku narasumber dari Direktorat Kemitraan Komunikasi Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia menyampaikan bahwa pentingnya KIM dibentuk karena KIM bisa menjadi solusi alternative guna menyadarkan arti penting berkelompok, bertukar informasi, serta membuka peluang kemitraan dengan dinas-dinas di tingkat Kabupaten atau kota.

(Baca Juga : Status Tanggap Darurat Harus Sesuai SOP)

tambahnya, dulu mungkin lebih dikenal dengan Kelompok pendengar, pembaca dan pemirsa (kelompencapir), KIM dan Kelompencapir secara umum fungsi sosialnya sama, yaitu bagaimana mendengarkan informasi dari berbagai sumber (televisi, koran, majalah, internet serta lainnya) dan mendiskusikan kemudian menyebarkan kebenaran informasi pada masyarakat luas.

Lanjutnya, hanya pada proses perkembangannya yang berbeda, dahulu pemerintah lebih mendominasi dan menonjol bahkan kelompencapir perannya masih dapat dijadikan intrumen politik, tetapi sekarang ada perubahan paradigma yaitu bersifat dari bawah (Bottom Up) serta mengarah pada era digital, Pemerintah hanya memfasilitasi perkembangannya,” jelas Sarjono.     

“KIM adalah suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah,” ungkapnya.

Turut hadir pada acara tersebut Diskominfo Kabupaten/Kota se-Kalteng, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Kota Palangka Raya, admin sosial media di Kota Palangka Raya, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palangka Raya dan acara diakhiri dengan sesi tanya jawab. (MC. Pulang Pisau/Diskominfo Pulang Pisau)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook