Kesiapan PAM Pilkada Tahun 2018

Kontribusi dari Rikah Mustika, 04 April 2018 16:18, Dibaca 432 kali.


MMC Kalteng – Dalam acara pertemuan panitia kerja komisi II DPR RI dengan Pemprov. Kalteng di aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Rabu (4/4), perwakilan dari Kapolda menyampaikan paparannya mengenai kesiapan PAM dalam menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2018 yang diikuti oleh 11 Kabupaten/Kota. Persiapan yang sudah dilakukan yaitu persiapan pilun, persipan posko, persiapan LATPRAOPS, persiapan kondisi KAMTIBMAS, persiapan masyarakat, persiapan kuat pers, persiapan sarana dan prasarana, serta persiapan anggaran.

Renpam tahapan inti pilkada 2018 yaitu tahap pendaftaran pasangan calon, tahap kampanye, tahap masa tenang, dan tahap pungut suara serta penghitungan suara. Dalam tahap menghadapi Pilkada serentak giat yang dilaksanakan yaitu mengadakan silahturahmi, jaring aspirasi dengan laksana giat sambang desa oleh 3 pilar KAMTIBMAS, jalin hubungan emosional (Khotib Sholat Jumat), jalin komunikasi dengan media cetak dan elektronik, ikut terlibat ke berbagai komunitas masyarakat, dan juga koordinasi.

(Baca Juga : Sejumlah Titik Kerusakan Tak Bisa Dilalui Masyarakat)

Pihak kapolda juga melakukan penekanan ASOPS Kapolri yaitu netralitas pilkada 2018 dan pemilu 2019, melakukan pemetaan kerawanan berdasarkan 11 variabel yang diupdate secara periodik, mengutamakan upaya pencegahan dalam penanganan konflik, bekerjasama dengan TNI untuk melakukan langkah-langkah antisipasi potensi konflik, serta menjaga kebersamaan, sinergi dan soliditas anatara TNI Polri dari tingkat atas sampai level bawah. (Widia / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook