Telabang Talk Bersama Atasi Karhutla

Kontribusi dari Diskominfo Katingan, 15 Juli 2020 09:00, Dibaca 69 kali.


MMC Kalteng - Katingan - Virtual zoom meetings Telabang Talk bersama atasi karhutla yang diinisiasi oleh Polda Kalimantan Tengah mengusung tema Kesiapan Provinsi Kalimantan Tengah dalam Mengatasi  Karhutla, Rabu (15/7/2020). Bupati Katingan Sakariyas didampingi Kapolres Katingan yang diwakili oleh Kasat Intel Polres Katingan IPDA Febby Dwi Handayani, S. Tr.K., Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Katingan Eka Suryadilaga dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan Hap Baperdo mengikuti acara tersebut melalui aplikasi zoom di ruang rapat Bupati Katingan.


Dalam kesempatan ini, Bupati Katingan  mennyampaikan bahwa Kabupaten Katingan merupakan salah satu dari 136 kab/kota yang memiliki tingkat risiko bencana yang tinggi berdasarkan Indeks Resiko Bencana Indonesia (IRBI)  yang dirilis oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).  Untuk itu diperlukan koordinasi secara terus menerus antara Organisasi Perangkat Daerah terkait  dan keterlibatan masyarakat serta pihak ketiga untuk satu pandangan dan satu tujuan bersama-sama menangani bencana, baik pada tahap pencegahan, pelaksanaan  dan pasca bencana.

(Baca Juga : Restoking Cegah Musnahnya Ikan Sungai dan Danau)

Tindakan-tindakan untuk pencegahan dilakukan melalui sosialisasi-sosialisasi  ke Kecamatan se-Kabupaten Katingan. Pemberian informasi kepada masyarakat melalui media cetak, papan himbauan larangan membakar lahan, rambu area rawan karhutla dan spanduk himbauan larangan membakar, serta mendirikan posko karhutla sebanyak 13 unit dengan jumlah satuan tugas sebanyak 36 satuan.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Katingan juga berkoordinasi lintas sektor dengan pihak lain seperti KLHK, TNI Polri, Perusahaan Perkebunan dan Pertambangan, HPH, dan Manggala Agni. Selain itu juga meminta dukungan seluruh masyarakat di Kabupaten Katingan, agar bisa saling bekerja sama dalam menangani dan mengatasi Karhutla. (Siti Marhamah/Kominfo)

Diskominfo Katingan

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook