Kebijakan Pembangunan Sektor Pertanian Tahun 2020

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 24 Juni 2020 12:49, Dibaca 2,526 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Pertanian melaksanakan gerakan tanam jagung Hibrida pada kelompok tani Sejahtera, bertempat di Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun. Selasa (23/6/2020). Kegiatan tersebut diikuti oleh Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong beserta Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing, Ketua DPRD Gunung Mas, Akerman, Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman S.I.K, Ketua TP-PKK Gunung Mas Mimie Mariatie, Perwira penghubung 1016/PLK, dan sejumlah pejabat lain.

Jaya Samaya Monong mengatakan, kebijakan pembangunan sektor pertanian tahun 2020 yang menjadi pertanian maju, mandiri dan modern. Program prioritas dalam RPJMD Kabupaten Gunung Mas tahun 2019-2024, melalui pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas guna mendukung pecepatan visi dan misi kepala daerah.

(Baca Juga : Bupati Hj Nurhidayah Lantik 102 Pejabat di Lingkup Pemkab Kobar)

“Peningkatan daya saing ekonomi wilayah dalam hal optimalitas pencapaian misi tersebut dilaksanakan dengan kegiatan pembangunan jagung hibrida dikabupaten Gunung Mas” ujarnya, Selasa (23/6/2020).

Lanjut ia mengatakan, pelaksanaan SMART AGRO program prioritas Dinas Pertanian tahun 2020, demi peningkatan kesejahteraan petani, peningkatan pertahanan pangan, penerapan teknologi  pertanian, program peningkatan sarana dan prasarana pertanian dan peningkatan pemberdayaan penyuluh, serta program peningkatan produksi ternak. Selain itu, untuk target sarana tanaman jagung hibrida tahun 2020 sebanyak 500 Ha. Demikian juga Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas memberi bantuan berupa,  biaya persiapan lahan, sarana produksi benih jagung, NPK, urea, kapur pertanian dan herbisida serta pendampingan teknis.

“Guna optimalnya produktifitas pengembangan jagung ini sangat diharapkan keseriusan budidaya dari para petani dan adanya swadaya petani guna mendukung sarana produksi yang diberikan oleh Dinas Pertanian,” bebernya.

Lanjutnya, dengan adanya kegiatan gerakan tanam jagung hibrida pada tahun 2020 diharapkan kepada para petani dan kelompok tani di Kabupaten Gunung Mas khususnya di wilayah Kelurahan Kuala Kurun dan sekitar untuk dapat lebih meningkatkan pemanfaatan lahan yang ada dan diharapkan bantuan sarana poduksi benih jagung. Pupuk dan obat-obatan akan sangat membantu para petani semakin giat dalam mengolah pertaniannya, sehingga hasil usaha tani dapat meningkat dan memberi dampak yang baik untuk kesejahteraan keluarga petani.

“Beberapa hal yang dapat saya sampaikan kepada semua Dinas/Badan terkait kiranya dapat saling membantu dalam menjalankan berbagai kebijakan pembangunan pertanian, demi peningkatan kesejahteraan petani dan kemajuan Kabupaten Gunung Mas,” himbaunya.

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook