Kanwil Kemenkumham Kalteng Lakukan Rapat Tindak Lanjut Hasil Penilaian WBK dari Itjen

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 27 Mei 2020 16:51, Dibaca 129 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Menindaklanjuti pelaksanaan kegiatan penilaian hasil evaluasi satuan kerja zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani  (WBK/WBB) oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Ilham Djaya mengumpulkan beberapa Koordinator Pokja dari Tim Zona Integritas, Rabu (27/5/2020).

Kakanwil memberikan beberapa arahan singkatnya antara lain untuk penilaian WBK/WBBM tahun ini tidak sekedar penilaian terhadap dokumen tetapi lebih diutamakan pada implementasi pelaksanaan pembangunan Zona Integritas dari Kantor Wilayah menuju WBM/WBBM, maka dari itu harus dipastikan bahwa apa yang tertera di dalam dokumen adalah hasil dari implementasi Pembangunan Zona Integritas.

(Baca Juga : Kanwil Kalteng Laksanakan Assessment Guna Penyebaran Pemetaan Pegawai)

Dalam rapat didengarkan berbagai saran dan masukan terkait dengan tindak lanjut Pembangunan Zona Integritas di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, apa yang kurang dan apa yang masih perlu diperbaiki mengenai evaluasi Pembangunan Zona Integritas.

Kakanwil juga meminta untuk selalu melakukan evaluasi mengikuti perubahan yang terjadi, monitoring dan evaluasi terhadap Keterbukaan Informasi Publik, evaluasi dan laporan terhadap pengaduan masyarakat. Selain itu juga evaluasi mengenai insan berprestasi berbagi ahli seperti transfer and sharing knlowledge (berbagi ilmu) dimana diharapkan setiap dua kali dalam sebulan masing-masing divisi memberikan paparan dengan berbagi ilmu mengenai tugas dan fungsi kepada seluruh pegawai.

Selain itu juga membahas terkait masukan dari TPI mengenai insan bijak bermedia sosial dimana diharapkan untuk seluruh pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah untuk tidak melakukan unggahan ke media sosial pribadi yang mengandung Hoax, hate speech terutama mengenai kebijakan pemerintah, harus lebih meningkatkan citra positif melalui konten positif media sosial pegawai.

Tim Penilai Internal Inspektorat mengapresiasi terobosan inovasi layanan publik Kanwil Kemenkumham Kalteng yakni Kumham Goes to Public. Kumham Goes To Public adalah media dan kanal komunikasi antara Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah dengan public terlebih khusus pada provinsi Kalimantan Tengah yang mana di dalamnya mencakup; pemerintah, swasta, akademisi, mahasiswa, dan masyarakat luas pada umumnya. Kumham Goes To Public diciptakan untuk mendekatkan pelayanan, membuka ruang diskusi dan dialog, membangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi lintas instansi, serta membangun citra positif Kemenkumham Kalimantan Tengah.

Rangkaian kegiatan yang nantinya dapat dilakukan dengan kumham goes to public adalah sosialisasi, bedah buku, public hearing, diskusi publik dan talk show dengan tema-tema yang menarik terkait isu kontemporer.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah sebagai salah satu unit kerja WBK dan WBBM telah memenuhi beberapa syarat yang ditetapkan yaitu memiliki pelayanan publik, mengolah sumber daya manusia yang cukup besar dan memiliki tingkat keberhasilan reformasi birokrasi yang cukup tinggi, namun Kakanwil mengingatkan kepada semua pihak agar seluruh tim Pokja maupun pegawai untuk terus bekerja keras demi hasil baik, karena kunci dari semua ini adalah bagaimana kita membangun komitmen dan tetap mengutamakan kemudahan layanan yang berbasis pada kebutuhan masyarakat. (Red-dok, Humas Kalteng, Mei 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook