Bertambah 8 Orang, Total Kasus Sembuh Covid-19 Di Kalteng Menjadi 39

Kontribusi dari Widia Natalia, 10 Mei 2020 16:03, Dibaca 1,257 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kabar baik hari ini, meskipun dilaporkan masih terjadi peningkatan pada kasus positif Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng), namun diwaktu yang bersamaan turut terjadi penambahan pasien sembuh dari Covid-19 dalam jumlah banyak.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, hingga Minggu (10/05/2020) masih terjadi penambahan pada kasus positif hingga saat initercatat total kasus positif di wilayah Kalteng mencapai 193 orang.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 12 Maret 2022 : Sembuh 221 Orang, Konfirmasi 95 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Dilaporkan hingga Sabtu (09/05/2020) total kasus positif hanya berjumlah 192 orang. Terjadi penambahan pada pasien positif dalam 24 jam terakhir sebanyak 1 orang. Penambahan sebanyak 1 orang pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari Kota Palangka Raya. Saat ini, pasien tersebut sedang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus, Palangka Raya.

Meskipun dilaporkan jumlah kasus positif kembali mengalami pebingkatan, saat ini, diwaktu yang bersamaan telah terjadi peningkatan pada pasien sembuh dari Covid-19 dalam jumlah banyak. Diketahui, pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 dalam 24 jam terakhir sebanyak 8 orang.

Dari 8 orang yang dinyatakan sembuh diantaranya 1 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya, sebanyak 6 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat yang menjalani perawatan di RSUD Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Lamandau yang juga menjalani perawatan di RSUD Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun.

Dengan adanya peningkatan pada kasus positif dan pasien sembuh dari Covid-19, total kasus positif sampai saat ini berjumlah 193 orang, masing-masing 147 orang masih dalam perawatan, 39 orang dinyatakan sembuh dan 7 orang meninggal dunia.

Sebanyak 147 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan, diantaranya di RSDS Palangka Raya 74 orang, RSSI Pangkalan Bun 26 orang, RSUD Murjani Sampit 14 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 6 orang, RSUD Puruk Cahu 9 orang, RSUD Ulin Banjarmasin (Bjm) 1 orang dan RS Siloam Palangka Raya 17 orang. Dengan turut terjadinya penambahan pada kasus pasien sembuh dari Covid-19 sebanyak 8 orang, jumlah pasien positif yang dinyatakan sembuh menjadi 39 orang saat ini.

Dari 39 orang yang dinyatakan sembuh, 19 orang berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya, 1 diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 9 orang lainnya yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil dari RSSI Pangkalan Bun, 7 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir Sedangkan, 11 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit.

Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 tetap sama yakni berjumlah 7 orang sampai saat ini. Sebanyak 7 orang yang di nyatakan meninggal yakni 5 orang merupakan pasien positif yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka, namun dari 5 orang yang meninggal dunia tersebut yakni 2 orang diantaranya merupakan pasien rujukan dari Kabupaten Kapuas yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 1 orang lagi merupakan pasien asal Kabupaten Barito Timur yang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Sedangkan, 2 orang lainnya yang meninggal dunia merupakan pasien yang menjalani perawatan di RSUD Murjani, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Tidak hanya kasus positif maupun sembuh yang mengalami peningkatan, Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di wilayah Kalteng turut mengalami peningkatan dalam 24 jam terakhir sebanyak 2 orang sehingga menjadi 70 orang saat ini.

PDP di RSDS Palangka Raya bertambah menjadi 37 orang saat ini, PDP di RSSI Pangkalan Bun tidak ada saat ini, PDP di RSUD Murjani Sampit berkurang menjadi 3 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas bertambah menjadi 10 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh tetap berjumlah 1 orang saat ini, PDP di RS Siloam tetap berjumlah 1 orang saat ini, PDP di RSUD Jaraga Sasameh tetap berjumlah 8 orang saat ini, PDP di RS Bhayangkara tetap 1 orang, PDP di RSUD Lamandau tetap 1 orang saat ini, PDP di RSUS Sukamara tetap berjumlah 2 orang saat ini, PDP di RSUD Pulang Pisau tetap berjumlah 2 orang saat ini, PDP di RSUD Murung Raya tetap berjumlah 2 orang, PDP di RSUD Kuala Kurun tetap 1 orang saat ini dan PDP di RSUD Mas Amsyar menjadi 1 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 15 orang, Kabupaten Barito Utara 1 orang, Kabupaten Pulang Pisau 4 orang, Kabupaten Katingan 9 orang, Kabupaten Kapuas 15 orang, Kabupaten Barito Timur 2 orang, Kabupaten Barito Selatan 8 orang, Kabupaten Seruyan 1 orang, Kabupaten Gunung Mas 8 orang, Kabupaten Lamandau 1 orang, Kabupaten Murung Raya menjadi 3 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang dan Kabupaten Sukamara 2 orang saat ini.

Berbanding terbalik dengan kasus positif, sembuh maupun PDP yang mengalami peningkatan, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini mengalami pengurangan pada jumlahnya dari hari kemarin. Jumlah ODP hingga saat ini menjadi 217 orang.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 233 orang dinyatakan negatif, 21 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 23 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 100 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 97 orang, RSUD Murjani berjumlah 9 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 11 orang.

Saat ini seluruh wilayah Kalteng yang terdiri dari 1 Kota dan 13 Kabupaten menjadi zona merah.(WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook