Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 10 Orang Dan Terkonfirmasi Positif 13 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 19 Juni 2020 16:43, Dibaca 1,257 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Perjuangan kita memutus penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) sedang dalam masa-masa puncak dan akan terus meningkat jika masyarakat tidak kooperatif melaksanakan secara disiplin protokol kesehatan, mulai dari menjaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dengan air mengalir dan protokol lainnya. Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran melalui juru bicara Rita Juliawaty Entomolog Kesehatan Prov. Kalteng dalam press release perkembangan kasus Covid-19, bertempat di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Paalngka Raya, Jumat (19/06/2020).

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Rita Juliawaty, jumlah pasien sembuh Covid-19 per Jumat (19/06/2020) Pukul 15.00 WIB mencapai 292 orang, setelah kembali ada penambahan sebanyak 10 orang dalam 24 jam.

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 13 Orang dan Konfirmasi Baru 60 Orang)

Penambahan jumlah pasien sembuh Covid-19 yang baru sebanyak 10 orang diantaranya 2 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 5 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat,1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas dan 2 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya.

Sebanyak 10 tersebut yang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, masing-masing 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Doris Sylvanus, Palangka Raya, 5 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 1 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya dan 3 orang lainnya berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya.

Total sebanyak 292 orang termasuk 10 orang yang baru dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, masing-masing sebanyak 126 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 1 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 71 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 5 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 29 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 11 orang, 11 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm, 22 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya, 1 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 11 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mas Amsyar, 3 orang berdasarkan hasil dari RSUD Jaraga Sasameh, RSUD Pulang Pisau 1 orang, 7 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya, 3 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Muara Teweh, 1 orang berdasarkan hasil dari RS Bhayangkara, 6 orang berdasarkan hasil dari RSUD Lamandau dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Sukamara.

Rita Juliawaty juga menyampaikan, jumlah kasus positif di Kalteng saat ini telah mencapai 749 kasus. Dalam 24 jam terakhir, sebanyak 13 orang terkonfirmasi positif.

Sebanyak 13 orang tersebut, diantaranya 8 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Gunung Mas.

Terkonfirmasi positif yang baru dalam 24 jam terakhir, saat ini sedang berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya 5 orang, berada di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun 2 orang, berada di RS Siloam Palangka Raya 1 orang, berada di RSUD Pulang Pisau 2 orang, 2 orang menjalani isolasi mandiri dan 1 orang lainnya berada di RSI PKU Muhamadiyah.

Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan juga terdapat 9 orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang berpindah tempat perawatan. Sebanyak 9 orang tersebut, masing-masing yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Kuala Kurun 5 orang dan yang sebelumnya menjalani isolasi mandiri 4 orang, pindah tempat perawatan ke RSUD Doris Sylvanus 1 orang, RS Kota Palangka Raya 4 orang dan RS Bhayangkara 4 orang.

Hingga saat ini total kasus positif yang dilaporkan telah mencapai 749 orang yakni 292 orang sudah dinyatakan sembuh, 44 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 413 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng. Sebanyak 413 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya menjadi 132 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun tersisa 22 orang, RSUD Murjani Sampit tetap 9 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo tetap 102 orang, RSUD Puruk Cahu tetap 16 orang, RS Siloam Palangka Raya tetap 21 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 4 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 3 orang, RSUD Pulang Pisau menjadi 8 orang, RS Kota Palangka Raya menjadi 20 orang, RSUD Muara Teweh tetap 1 orang, RS Bhayangkara menjadi 15 orang, RSUD Lamandau tetap 7 orang, RSUD TNI tetap 8 orang, menjalani isolasi mandiri tersisa 12 orang, RSUD Kuala Kurun tersisa 15 orang, RS Betang Pambelum tetap 3 orang, RSI PKU Muhamadiyah menjadi 2 orang dan RSUD Tamiang Layang tetap 3 orang saat ini.

Lanjut disampaikan oleh juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Rita Juliawaty, tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini berada di angka 5,9 persen. Jumlah lasus meninggal dunia akibat Covid-19 tetap sebanyak 44 orang, tidak ada perubahan dibanding tanggal 18 Juni 2020.

Juru bicara Rita Juliawaty kembali menuturkan, saat ini sebaran Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng berada di 13 Kabupaten/Kota. Dalam 24 jam terakhir, jumlah kasus PDP dilaporkan kembali mengalami penambahan sebanyak 10 orang. Jumlah kasus PDP saat ini menjadi 106 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya menjadi 16 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Kapuas menjadi 16 orang, PDP di RSUD Pulang Pisau tetap 4 orang saat ini, PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun tersisa 21 orang saat ini, PDP di RS Siloam Palangka Raya tersisa 2 orang saat ini, PDP di RSUD Mas Amsyar tetap 2 orang, PDP di RS Bhayangkara menjadi 21 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap 4 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh tetap 2 orang, PDP di RSUD Lamandau tetap 6 orang, PDP di RSUD Tamiang Layang tetap 6 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 1 orang saat ini, PDP di RSUD Kuala Kurun menjadi 2 orang dan RSUD Puruk Cahu tetap 3 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka 28 orang, Kabupaten Pulang Pisau 5 orang, Kabupaten Katingan 4 orang, Kabupaten Kapuas 17 orang, Kabupaten Murung Raya 3 orang, Kabupaten Gunung Mas 5 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 21 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 2 orang, Kabupaten Seruyan 2 orang, Kabupaten Barito Utara 2 orang, Kabupaten Lamandau 6 orang, Kabupaten Barito Timur 6 orang dan Kabupaten Barito Selatan 5 orang.

Terakhir disampaikan oleh Rita Juliawaty untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan mengalami penambahan sebanyak 13 orang dalam 24 jam terakhir sehingga menjadi 248 orang saat ini. ODP terbanyak ada di Kabupaten Katingan berjumlah 90 orang. (WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook