Perkembangan Kasus Covid-19 Di Kalteng, Total Kasus Positif Terus Mengalami Lonjakan

Kontribusi dari Widia Natalia, 25 April 2020 16:22, Dibaca 1,730 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Media Center (MC) Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19. Total kasus positif Covid-19 di wilayah Kalteng kian mengalami lonjakan dari hari sebelumnya.

Sampai dengan Sabtu, (25/04/2020) pukul 15.00 WIB, total kasus positif Covid-19 di wilayah Kalteng berjumlah 101 orang. Data pada hari ini lebih tinggi dari data pada hari sebelumnya yakni Jumat (24/04/2020) hanya berjumlah 94 orang.

(Baca Juga : Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalteng Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu Al-Mim dan Budi Mulya)

Penambahan pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari Kota Palangka Raya sebanyak 5 orang, Kabupaten Lamandau sebanyak 1 orang dan Kabupaten Seruyan sebanyak 1 orang.

Saat ini, pasien positif yang baru sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 yakni di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, RSUD Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun dan RSUD Murjani Sampit.

Total kasus positif sebanyak 101 orang, masing-masing 86 orang masih dalam perawatan, 10 orang dinyatakan sembuh dan 5 orang meninggal dunia.

Sebanyak 86 pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan, berada di sejumlah RS rujukan, diantaranya di RSUD Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya 54 orang, RS Sultan Imanuddin (RSSI) 14 orang, RSUD Murjani Sampit 16 orang dan Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 2 orang.

Sementara, 10 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni 8 orang berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit dan terakhir yang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir yakni 1 orang distribusi dari Kabupaten Kotawaringin Barat yang menjalani perawatan di RSSI Pangkalan Bun. Diketahui pasien yang baru dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir berasal dari cluster Gowa.

Sedangkan, 5 orang yang meninggal dunia yakni 4 orang merupakan pasien positif yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka, namun dari 4 orang yang meninggal dunia tersebut yakni 2 orang diantaranya merupakan pasien rujukan dari Kabupaten Kapuas yang rawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Dan 1 orang lainnya yang meninggal dunia merupakan pasien yang sebelumnya dirawat di RSUD Murjani, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) mengalami pengurangan. Jumlah PDP sampai saat ini tersisa 76 orang. Pada kasus PDP mengalami pengurangan sebanyak 1 orang dalam 24 jam terakhir, dimana data pada hari sebelumnya, Jumat (24/04/2020) berjumlah 77 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya berjumlah 31 orang, terjadi pengurangan sebanyak 1 orang dalam 24 jam terakhir, PDP di RSSI Pangkalan Bun tetap sebanyak 7 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit mengalami penambahan sebanyak 3 orang menjadi 7 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas tetap 1 orang, PDP di RSUD Muara Teweh mengalami pengurangan sebanyak 8 orang sehingga tersisa 5 orang saat ini, PDP di RSUD Puruk Cahu mengalami penambahan sebanyak 8 orang sehingga menjadi 11 orang saat ini, PDP di RS Siloam tetap berjumlah 8 orang, PDP di RSUD Mas Amsyar Katingan mengalami pengurangan dalam 24 jam terakhir sebanyak 3 orang sehingga totalnya saat ini hanya tersisa 1 orang dan PDP di RDUD Jaraga Sasameh tetap 5 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 20 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 7 orang, Kabupaten Barito Utara 5 orang, Kabupaten Murung Raya 14 orang, Kabupaten Pulang Pisau 2 orang, Kabupaten Katingan 11 orang, Kabupaten Kapuas 4 orang, Kabupaten Barito Timur 6 orang, Kabupaten Barito Selatan 6 orang dan Kabupaten Seruyan 1 orang.

Setelah dikabarkan terjadi pengurangan pada hari sebelumnya, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini mengalami penambahan. Jumlah ODP sampai saat ini berjumlah 308 orang. Telah terjadi penambahan ODP sebanyak 12 orang dalam 24 jam terakhir.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 139 orang dinyatakan negatif, 15 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 12 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 89 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 41 orang, RSUD Murjani berjumlah 21 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 6 orang.

Wilayah zona merah saat ini masih tetap berada di 1 Kota dan 12 Kabupaten, diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Gunung Mas. Sementara, Daerah Kabupaten Sukamara menjadi satu-satunya Daerah zona hijau.(WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook