Gugus Tugas Kembali Sampaikan Data Terbaru Sebaran Covid-19

Kontribusi dari Widia Natalia, 22 Maret 2020 16:44, Dibaca 797 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) sampaikan info per 22 Maret 2020 pukul 15.00 WIB, data Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus mengalami peningkatan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Leonard S.Ampung saat pimpin press release didampingi Staf Ahli Gubernur Herson B. Aden, Ketua Harian Gugus Tugas Kota Palangka Raya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo, Direktur RSUD Doris Sylvanus Yayu Indriaty, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng Darliansyah, Kepala Dinas Transmigrasi Prov. Kalteng Rivianus Syahril Tarigan, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng Lilis Suryani, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalteng Yulindra Dedy serta Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi yang turut didaulat sebagai moderator pada kegiatan tersebut, bertempat di ruang Media Center Covid-19 Kantor Gubernur Kalteng, Minggu (22/03/2020).

(Baca Juga : Sekda Launching GISA)

Ketua Gugus Tugas Leonard S. Ampung mengungkapkan data ODP di wilayah Kalteng meningkat menjadi 161 orang. Kasus ODP ditemui paling banyak di Kabupaten Kotawaringin Barat berjumlah 53 orang.

Lebih lanjut dijelaskan Jumlah PDP saat ini berjumlah 36 orang. Data PDP per 21 Maret 2020 pukul 15.00 WIB berjumlah 37 orang. Hal ini menunjukan adanya penurunan di kasus PDP.

"Total Kasus PDP sebanyak 36 orang dengan progress sebagai berikut. Pasien Negative Covid-19 berjumlah 10 orang, Pasien Positif Covid-19 berjumlah 2 orang dan masih menunggu hasil laboratorium sebanyak 24 orang", pungkasnya.

Leonard S. Ampung juga menyampaikan data Rumah Sakit (RS) Rujukan Covid-19 di wilayah Kalteng yang masih menangani kasus PDP, diantaranya RS Doris Sylvanus (RSDS) berjumlah 29 kasus dan RS Sultan Imanudin (RSSI) Palangkalan Bun berjumlah 7 kasus.

"Dari 36 kasus PDP yang sedang mengalami penanganan di RS rujukan Covid-19 yakni RSDS dan RSSI berasal dari Kabupaten/ Kota. Kasus PDP yang berasal dari Kota Palangka Raya sebanyak 26 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 5 orang, Sukamara 1 orang, Lamandau 1 orang, Seruyan 1 orang, Barito Selatan 1 orang dan Barito Utara 1 orang", imbuhnya.

RS rujukan Covid-19 juga telah menyiapkan ruangan isolasi pagi pasien suapek Covid-19. Adapun data yang dihimpun oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng, data ruangan isolasi yang tersedia di RSDS Palangka Raya sebanyak 5 ruangan dengan 32 tempat tidur dan RSSI Pangkalan Bun sebanyak 16 ruangan dengan 19 tempath tidur dan RSUD dr. Murjani sebanyak 4 ruangan dengan 16 tempat tidur.

Lebih lanjut disampaikan, kondisi PDP suspek Covid-19 yang sedang dalam perawatan di ruang isolasi RSSI dan RSDS kondisinya sampai saat ini masih distabilkan.

Pemprov. Kalteng melalui Dinas Kesehatan Prov. Kalteng, pada hari ini 22 Maret 2020, juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi diantaranya Masjid Ar-Raudah, Hotel NEO dan Gereja Gloria.

Penyemprotan disinfektan dilakukan guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayah Kalteng.
(WDY/Foto:Agung)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook