Ben Brahim Pimpin Rakor Covid-19

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 17 Maret 2020 14:56, Dibaca 10 kali.


MMCKalteng - KUALA KAPUAS – Dalam rangka mengantisipasi perkembangan dan penyebaran Virus Corona serta langkah-langkah yang perlu diambil dalam penanganan Virus Corona, Pemerintah Kabupaten Kapuas melaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektor Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Menghadapi Corona Virus Disease 19 (Covid-19), Selasa (17/3/2020) pagi, yang dipimpin langsung oleh Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim. S. Bahat, MM. MT melalui teknologi komunikasi via whatsapp sebagai bentuk keseriusan Bupati Kapuas menangani kasus pandemi tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan juga terkait dengan arahan dari Presiden Joko Widodo, yang mana Presiden memberikan sejumlah arahan kepada seluruh menteri, Kepala Daerah dan Masyarakat Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, arahan Presiden disampaikan melalui video yang ditayangkan.

(Baca Juga : Dinas Pariwisata Kobar Raih Silver Champion For Tourism & Creative Campaign Award dari Markplus Inc)

Tampak hadir, Wakil Bupati Kapuas Drs. H. M. Nafiah Ibnor, MM, Forkopimda, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah, Kepala OPD Lingkup Pemkab Kapuas, Camat se-Kabupaten Kapuas dan lintas sektor lainnya.

Bupati dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam menyikapi kondisi dan perkembangan saat ini, termasuk mendengar arahan dari Presiden, ia meminta yang pertama semua kegiatan termasuk upacara dalam memperingati Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 214 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 69, untuk sementara waktu ditunda sampai dengan waktu yang akan ditentukan.

“Semua ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bagi warga masyarakat dan untuk diri kita sendiri,” ucapnya.

Kemudian, lebih lanjut, Ben Brahim mengungkapkan sesuai dengan arahan Presiden, ia pun meminta kepada semua yang terkait untuk melaksanakan Satuan Tugas (Satgas), yang dibentuk mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten. Satgas ini selain memberikan edukasi kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing, juga dilaksanakan secara rutin dari rumah ke rumah, dengan memeriksa kondisi warga, berkaitan dengan Virus Corona dan Demam Berdarah. “Saya minta petugas satgas untuk melakukan pemeriksaan kepada masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Kapuas, dari pintu ke pintu setiap hari. Ini yang perlu kita lakukan,” ujarnya.

Selain itu, untuk sekolah-sekolah, ia mengarahkan kepada dinas terkait untuk memberikan pemahaman sesuai dengan petunjuk teknis kesehatan, pemahaman tentang jangan melakukan kontak fisik secara langsung misalnya dalam hal bersalaman juga hal-hal yang lain dengan jarak tertentu. Ia meminta kepada dinas terkait agar di depan kelas menyiapkan tempat cuci tangan di setiap kelas dan kalau waktu jam istirahat tetap di dalam kelas.

Kepada instansi Kominfo, ia mengharapkan memberikan informasi dan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat, baik melalui siaran keliling, video tron, spanduk baliho dan radio serta menyebarkan leaflet yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan Virus Corona, artinya bagaimana caranya menyampaikan kepada mereka untuk menghindari terjangkitnya Virus Corona.
“Saya minta kepada kita semua tetap menenangkan warga kita, dan kita mengurangi rapat-rapat di ruangan tertutup dengan banyak orang. Kita tetap semangat menghadapi kondisi ini. Mari berjuang bersama. Kita minta kepada tokoh agama untuk mendoakan agar Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah termasuk Indonesia terhindar dari Virus Corona,” terangnya. (hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook