Lokakarya Mini, Upaya Tingkatkan Sinergitas dan Peran Lintas Sektor

Kontribusi dari Diskominfo SP, Kab.Murung Raya, 11 Maret 2020 08:28, Dibaca 17 kali.


MMCKalteng - Murung Raya – Pelayanan kesehatan yang dibutuhkan saat ini, tidak hanya menunjang kemudahan akses namun juga harus mendukung peningkatan mutu dalam pelayanan. Pelayanan yang bermutu dan berkualitas ini akan terwujud jika ada pedoman dalam pelaksanaan dan pengawasannya. Dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Puskesmas Saripoi menggelar Lokakarya Mini (Lokmin) di desa Muwun, Selasa (10/3/2020).

Lokmin triwulan I pertama kali dibuat di desa Muwun.

(Baca Juga : Pemko Palangka Raya Bakal Pasang Lima Wifi Gratis)

"Untuk menyentuh dan mendengar langsung dari masyarakat sebagai bahan arahan, memperhatikan masalah lain seperti setiap rumah tangga harus mempunyai WC dan sarana air bersih," tutur Camat Tanah Siang Putu Suranta.

Plt Kepala Puskesmas Saripoi Hendra Effendi menyampaikan, "Dengan kegiatan ini peserta dapat memberikan masukan dan keluhan tentang pelayanan kesehatan yang nantinya dapat menjadi acuan dan perbaikan di dalam memberikan pelayanan kesehatan," ucapnya.

Pada pertemuan ini dibahas kesepakatan untuk melakukan kegiatan pencapaian kinerja puskesmas yang belum tercapai, khususnya kegiatan yang berhubungan dengan peran lintas sektoral terkait.

Sementara itu Camat Tanah Siang Putu Suranta mengapresiasi kegiatan lokakarya mini sebagai upaya untuk meningkatkan sinergitas dan peran lintas sektor, mulai dari Pemerintah Kecamatan, Kelurahan, Pemerintah Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan Puskesmas sebagai instasi kesehatan.

"Lokmin lintas sektor ini untuk berbagi tugas khususnya intervensi semua Kepala Desa oleh Camat sebagai koordinator wilayah untuk hal yang sifatnya pemberdayaan atau upaya kesehatan yang melibatkan masyarakat," ungkap Putu Suranta.

Lebih lanjut Putu Suranta menyampaikan, "Perlu dimantapkan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala dan penyuluhan kesehatan bagi pelajar dan juga di bidang pelayanan posyandu ditingkatkan kerjasama dengan aparat desa dan kelurahan, selanjutnya menghidupkan kembali kegiatan dan upaya kesehatan di desa-desa,” tutupnya. (MMC Prov. Kalteng)

Diskominfo SP, Kab.Murung Raya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook