Perkuat Persaudaraan Dengan Terus Menggiatkan Gerakan Shalat Subuh Berjama`ah

Kontribusi dari Widia Natalia, 23 Februari 2020 08:24, Dibaca 771 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Perkuat persaudaraan dengan Shalat Subuh Berjama`ah.

Hal ini yang terus dilakukan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya dibawah kepemimpinannya,  yakni dengan menggiatkan gerakan Shalat Subuh Berjama`ah yang dilakukan setiap minggu, tepatnya pada Subuh Minggu.

(Baca Juga : Hamka : Bangun Rasa Optimisme Selama Pandemi)

Kegiatan Shalat Subuh Berjama`ah ini  sudah dimulai sejak beberapa minggu yang lalu dengan tempat yang berbeda setiap minggunya di Masjid- masjid sekitar Kota Palangka Raya.

Seperti halnya Shalat Subuh Berjama`ah yg dilaksanakan pada hari Minggu (23/02/2020) di Masjid Salahudin Kompleks Universitas Palangka Raya.

Kegiatan diawali dengan Shalat Subuh Berjama`ah dilanjutkan  mendengarkan tausyiah dari Ketua MUI Kota Palangka Raya yang  juga adalah Rois Suriah NU Al Muqarram K.H. ZAINAL ARIFIN.


Dalam tausyiahnya, KH. ZAINAL ARIFIN  mengingatkan kepada semua jama’ah yang hadir agar tiada henti-hentinya  untuk menebar kebaikan.

Walau sekecil apapun kebaikan itu, yang penting Istiqomah, tuturnya.

Selain itu, Pak Kyai yang akrab di panggil dengan sebutan Guru Zainal ini juga mengingatkan, agar semua jama’ah selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Karena hal tersebut merupakan persiapan manusia jika menghadap Allah SWT.

Ketua MUI Kota Palangka Raya kembali menuturkan bagaiman cara meraih Ridhonya Allah SWT. Disebutkan dalam tausyiahnya yaitu  salah satu cara meraih Ridhonya Allah SWT yakni dengan membaca Sholawat kepada Nabi Muhammad. Maka tatkala sebagai umat muslim haruslah dapat mengamalkan Sholawat Nabi sebagai wujud cinta kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Sholawat juga sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT dan terdapat berbagai keistimewaan yang luar biasa bagi yang rutin mengamalkannya.

Dikutip dari cerita Umar bin Khattab yang merupakan salah satu dari sahabat Nabi SAW, yakni terkait dimanakah Allah SWT meletakkan Ridhonya. Disebutkan dalam kisahnya,  Umar bin Khattab mengatakan, sesungguhnya Allah SWT menyembunyikan enam perkara di dalam enam hal, yaitu "menyembunyikan Ridhonya dalam ketaatan, menyembunyikan murkanya dalam perbuatan maksiat, menyembunyikan Lailatul Qadar dalam bulan Ramadan, menyelinapkan walinya di tengah-tengah manusia, merahasiakan kematian di sepanjang umur, dan  menyembunyikan shalat wushta di dalam shalat-shalat lainnya, tambahnya.

Berdasarkan kisah-kisah di atas, kita dapat mengambil hikmah bahwa ada beberapa hal yang menjadi rahasia Allah SWT, salah satunya adalah Ridhonya dan murkanya. Kita tidak pernah tahu dimana Allah SWT meletakkan Ridhonya, begitu pula murkanya. Bisa jadi Allah SWT menyelipkan Ridhonya di antara amal ibadah yang kita anggap kecik, bisa jadi Allah SWT juga menyelipkan murkanya di dalam kemaksiatan yang kita anggap remeh. Tidak pandang kepada siapapun apakah dia seorang ahli ibadah atau ahli maksiat. Wallahu a’lam bis-shawab” hanya Allah SWT yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua pengurus Majelis Taklim Kalteng Berkah yang merupakan majelis para pegawai Kontrak Pemerintah Provinsi Kalteng yang turut hadir pada gerakan Shalat Subuh Berjama’ah, Ustad Lalu M. Isnaini mengatakan bahwa majelis ini dibentuk adalah sebagai wadah pembinaan bagi pegawai kontrak yang beragama Islam.

Lalu M. Isnaini menambahkan “untuk itu kami sangat berterima kasih kepada Gubernur Kalteng yang selalu memberikan pembinaan, tidak saja bagi PNS, tetapi juga sama halnya sangat peduli dengan dengan  para Pegawai Kontrak.

Pada kesempatan sama, Ketua PC NU Kota Palangka Raya Ustad. H. Muhammad Syahrun  menyampaikan rasa bangga dan penuh syukur kepada Allah SWT, karena telah dianugerahkan sosok seorang H.Sugianto Sabran sebagai Gubernur  yang sangat peduli kepada rakyatnya.

Semoga beliau selalu dalam keadaan sehat wal Afiat serta dalam  Lindungan Allah SWT dalam menjalan tugas sehari-hari, pungkas HM.Syahrun.

Gerakan Shalat Subuh Berjama’ah yang diselenggarakan oleh Majelis Taklim Kalteng Berkah bersama PC NU Kota Palangka Raya, mendapat respon positif oleh masyarakat sekitar dengan banyaknya masyarakat sekitar yang hadir. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Pembina Majelis Taklim diantaranya Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalteng, H. Katma F. Dirun, Plt.  Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalteng Agus Siswadi dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalteng, H Darliansjah serta beberapa Pejabat Administrator. (WN/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook