SPIP dan APIP, Solusi Penyelesaian Bangsa Saat Ini

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 18 Februari 2020 22:35, Dibaca 1,261 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis tentang penguatan penyelenggaraan SPIP di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Bintek SPIP diselenggarakan di Aula Inspektorat Kabupaten Gunung Mas, Selasa (18/2/2020).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Drs. Yansiterson, M.Si menyampaikan, sistem pengendalian internet adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai, untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien.

(Baca Juga : Gugus Tugas Covid-19 Kapuas Siap Sampaikan Laporan Tematik Kinerja Ke Perwakilan BPK RI Kalteng)

“Sedangkan Sistem Pengendalian Internet Pemerintah, yang selanjutnya disingkat SPIP, adalah Sistem Pengendalian Internet yang diselenggarakan secara menyeluruh, di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Kita bersyukur bahwa berdasarkan hasil Quality Assurance (QA) Tahun 2019 yang dilakukan Oleh BPKP, selaku Pembina SPIP, bahwa maturitas SPIP Pemerintah Kabupaten Gunung Mas telah berada pada level 3, tambahnya.

“Dalam rangka penguatan SPIP ini, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas  telah melakukan kerjasama dengan perwakilan BPKP Provinsi Kalimatan Tengah,” ujarnya.

Penguatan SPIP dan penguatan kapabilitas APIP, merupakan salah satu upaya respon atau mitigasi risiko, berupa solusi penyelesaian terhadap kondisi bangsa saat ini, yang menuntut peran serta seluruh perangkat daerah termasuk APIP, untuk berkinerja secara efektif, yang didukung tersediaanya sumber daya manusia yang profesional, dengan pengembangan kompetensi yang berkelanjutan.

Beliau berharap, seluruh peserta dapat mengikuti Bintek dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga hasil dari Bintek yang diikuti memberikan pengaruh dan manfaat untuk mendukung kinerja seluruh perangkat daerah.

 

 

 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook