Peserta Didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Manuhing Sukses Buat Percobaan Roket Air Pada Pelajaran IPA

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 18 Februari 2020 07:30, Dibaca 520 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas - Peserta Didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Manuhing pada hari Senin (17/2/20202) berhasil melakukan percobaan meluncurkan roket air. Hal ini lantaran mereka sedang mempelajari konsep tekanan pada pelajaran IPA.

Tri Pradjaka Wara Bhisma, S.Pd selaku guru IPA membimbing mereka melakukan percobaan tersebut. Dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas seperti botol plastik air mineral yang terdapat di lingkungan sekitar, para peserta didik kelas VIII mencoba membuat roket air.

(Baca Juga : Genjot Realisasi Belanja Daerah)

"Kami mencoba memanfaatkan bahan-bahan bekas seperti botol plastik air mineral untuk membuat roket air. Anak-anak saya bimbing selama dua minggu untuk membuat percobaan ini," kata Tri.

Lebih lanjut Tri mengatakan bahwa kegiatan belajar seperti ini akan dijadikannya sebagai model pembelajaran, setelah melihat antusias peserta didik yang sangat tinggi. Ia melihat bahwa anak-anak sekarang lebih tertarik dengan gadget dan konten medsos, oleh karena itu sebagai guru perlu memahami apa yang disukai anak-anak. Dengan begitu media yang ada dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.

"Setelah saya menjelaskan konsep pelajaran, saya menugaskan anak-anak mencari referensi di YouTube, kemudian langsung mempraktekkannya dan pada hari ini sukses diujicobakan," tukas Tri.

Lora, seorang peserta didik mengaku senang dengan percobaan ini. Ia merasa lebih paham tentang konsep tekanan dan cara kerja roket air setelah mempraktekannya secara langsung.

"Ya, kami senang sekali belajar seperti ini, kami jadi lebih paham," kata Lora

Suriyanie, S.Pd Kepala Sekolah sangat mendukung guru-guru yang mengajar di SMPN Satu Atap 1 Manuhing melakukan inovasi pembelajaran. Semua guru menurutnya sudah berinovasi sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.

"Memang ini adalah cara sekolah kami bertransformasi menjadi sekolah yang maju, walaupun dengan keterbatasan sarana prasarana, tapi kami seluruh guru di sini bertekad untuk membangun pendidikan yang lebih baik lagi untuk anak-anak Bereng Jun dan sekitarnya," ungkap Suri.

Dengan adanya inovasi pembelajaran yang dilakukan para guru di SMPN Satu Atap 1 Manuhing, diharapkan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik yang nantinya akan berimbas bagi kemajuan pendidikan di Desa Bereng Jun. (Big)

 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook