Gelar Karya Kalteng 2018 - Warga Binaan Pemasyarakatan Unjuk Kebolehan

Kontribusi dari Elga Arya Putra, 08 Maret 2018 16:38, Dibaca 972 kali.


MMCKalteng-Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Palangka Raya dan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Pangkalan Bun curi perhatian pengunjung di  Expo Gelar Karya Kalimantan Tengah 2018.

Warga binaan ini jadi sorotan ditengah ramainya pengunjung Expo Gelar Karya. Wisnu (33 Tahun) cekatan sekali dalam melukis wajah, beberapa lukisan hasil karyanya ditampilkan di lokasi pameran. Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang tidak lama lagi akan kembali ke masyarakat ini sudah melukis banyak tokoh penting, dari menteri sampai dengan Presiden Joko Widodo.

(Baca Juga : Diskominfo Kalteng dan Diskominfo Kobar Dukung Layanan Informasi Event Wonderful Sail to Indonesia Dengan Dirikan Media Center )

Selain Wisnu, ada juga Abdul Rahman dan Ahmad Destian, warga binaan rutan Palangka Raya ini piawai memainkan jarinya mengolah getah nyatu atau getah karet menjadi kerajinan kapal, mulai dari ukuran kecil sampai ukuran yang besar.

Produk kerajinan yang mereka hasilkan biasanya akan dijual kepada tamu/keluarga tahanan yang berkunjung ke Rutan, dan harganya pun bervariasi, mulai dari 75.000 untuk yang kapal kecil dan 200.000-500.000 untuk kapal ukuran besar.

Dalam sehari, kita bisa dapat 3 buah kapal kecil, kalau yang besar prosesnya agak lama dan rumit, ungkap Abdul Rahman saat diwawancarai.

Untuk kebutuhan bahan pembuatan, biasanya karet mereka peroleh dari Kabupaten Muara Teweh dan dipesan melewati petugas rutan. selain abdul dan ahmad, masih banyak rekan-rekan mereka yang juga dibawa untuk unjuk kebolehan di expo yang berlangsung 8-12 maret ini. (EAP)

 

Elga Arya Putra

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook