Ini Kata Kadinkes Gumas Tentang Virus Corona

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 10 Februari 2020 16:42, Dibaca 1,040 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dr Maria Efianti memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas melalui Dinkes tetap mewaspadai penyebaran virus corona.

“Beberapa langkah sudah kita (Dinkes) lakukan melalui bidang Kesmas (kesehatan masyarakat). Misalnya upaya promotif melalui radio Hamauh menyampaikan ke masyarakat bahwa salah satu upaya untuk mencegah supaya tidak tertular virus corona adalah melalui perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Maria, Sabtu (8/2/2020).

(Baca Juga : PMI Gelar Musyawarah Kabupaten)

Perilaku hidup bersih dan sehat, lanjut Maria, banyak itemnya. Salah satunya cuci tangan pakai sabun, menjaga kebersihan lingkungan dan pola hidup bersih lainnya.

“Melalui seksi surveilans dan seksi penyakit menular yang ada di bidang pencegahan penyakit, kami sudah menyurati dan mengimbau teman-teman Puskesmas dan jaringannya, untuk mewaspadai kasus-kasus infeksi saluran nafas dengan infeksi tambahan yang jatuh di pneumonia. Gejala yang ditimbulkan oleh virus corona itu mirip-mirip dengan infeksi paru pada pneumonia. Teman-teman Puskesmas kita minta secara rutin melaporkan apabila ada kasus-kasus pneumonia,” papar Maria.

Seluruh tenaga kesehatan di wilayah Gumas, sambung dia, diminta untuk waspada dan segera melapor apabila menemukan pasien yang terjangkit virus corona agar segera dilakukan tindakan lebih lanjut. 

“Virus corona pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina. Seseorang yang terkena virus corona memiliki gejala adalah demam, batuk dan sesak nafas,” jelasnya.

Sampai saat ini, tambah dia, belum ada laporan masyarakat Gumas yang terkena virus corona.

“Kita berdoa dan berharap tidak ada masyarakat Gunung Mas yang terinfeksi virus corona. Misalkan ada, segera dibawa ke Puskesmas bahkan dirujuk ke IGD rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat,” tutup Maria.

 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook