Heli Water Booming Padamkan Kebakaran Lahan di Petuk Kantimpun

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 06 Agustus 2019 11:38, Dibaca 234 kali.


MMCkalteng, Palangka Raya – Sejak pagi hingga siang, Senin (5/9/2019) sebuah helikopter water boombing bolak balik menumpahkan ribuan liter air dari atas udara untuk memadamkan api yang membakar lahan di wilayah Kelurahan Petuk Katimpun, Kota Palangka Raya.

Lahan kosong milik warga RT 002 Kelurahan Petuk Katimpun ini terbakar karena api yang merembet dari kebakaran lahan di wilayah Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya.

(Baca Juga : Pengembangan Diversifikasi Usaha Berbahan Dasar Ikan Air Tawar di Kelurahan Bereng Bengkel)

Hingga pukul 15.00 WIB, kebakaran lahan masih terjadi. Guyuran air dari udara yang ditumpahkan oleh helikopter hanya mampu memadamkan kobaran api, namun kepulan asap masih terlihat.

Sebab lahan yang terbakar di RT 002 Petuk Katimpun ini adalah lahan gambut, sehingga sulit untuk dipadamkan. Selain itu dari darat, tim Karhutla juga ikut memadamkan.

Babinsa Petuk Katimpun Nurkholis dan Bhabinkamtibmas Petuk Katimpun Ade Maulana beserta Ketua RT 003 Zainudin S Udang dan warga harus berjibaku memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.

“Lahan ini terbakar karena rembetan dari wilayah Bukit Tunggal. Sebelumnya wilayah Km 8 terbakar dan hari ini rembetanya sampai ke sini,” ucap Sekretaris Lurah Petuk Katimpun, Sartono.

Sartono mengatakan akibat musibah kebakaran lahan ini siang malam, para aparatur dan tim kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus melakukan penjagaan dan pengawasan. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook