Diskominfo Kapuas Terapkan Pembuatan Tanda Tangan Digital

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 29 Januari 2020 14:44, Dibaca 142 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS – Dalam rangka mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Kabupaten Kapuas mulai menerapkan tanda tangan digital bagi setiap Perangkat Daerah. Dalam penerapan sistem tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas berkesempatan melakukan pembuatan tanda tangan digital di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas, Rabu (29/1/2020) pagi.

Kepala Dinas Kominfo, Dr. H Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes melalui Kepala Bidang Persandian, H Yahya, S.Ag, S.Sos, M.AP menerangkan Dinas Kominfo Kapuas sudah melakukan tahapan-tahapan dalam pengaplikasian tanda tangan digital ini, salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada setiap Perangkat Daerah di Kabupaten Kapuas.

(Baca Juga : Pemkab Murung Raya Mendistribusikan Hewan Kurban Kesejumlah Kecamatan/Desa)


Dirinya mengatakan dengan adanya penerapan tanda tangan digital diharapkan  mampu meningkatkan kinera setiap Perangkat Daerah dalam memaksimalkan pelayanan publik dan juga meminimalisir adanya kecurangan pemalsuan tanda tangan.

“Dengan adanya sistem tanda tangan digital ini, tidak perlu risau lagi adanya tanda tangan palsu dan juga tanda tangan digital ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” imbuh Kabid Persandian tersebut.

Sementara itu, Kasi Pengawasan dan Evaluasi Penyelenggaraan Persandian, Indira Desi, SE menambahkan dalam pembuatan tanda tangan digital ini, Diskominfo Kapuas bekerja sama dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Dandi Negara (BSSN) Republik Indonesia.

Ia mengungkapkan dengan penerapan tanda tangan digital ini banyak manfaat yang didapatkan diantaranya menjamin keamanan dokumen, memudahkan dalam penanda tanganan karena dapat dilakukan dimana saja serta dapat mengurangi penggunaan kertas sebab sudah berbasis digital. (hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook