Inspektur H. Sapto Nugroho Hadiri Rapat Kerja Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar UPP Provinsi Kalteng Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 18 Februari 2021 10:23, Dibaca 9 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Inspektur Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Sapto Nugroho mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri Rapat Kerja Satuan Tugas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar UPP Prov. ­Kalteng Tahun 2021, bertempat di Swiss Bell Hotel Danum Palangka Raya, Kamis (18/02/2021). Rapat Kerja dibuka secara langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo.


Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam Sambutannya menyampaikan Satuan Tugas Saber pungutan liar di wilayah Prov. Kalteng mempunyai tugas yakni melakukan penanggulangan dan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan personel satuan kerja dan prasarana yang baik yang berada di Pemerintahan Daerah. Irjen Pol Dedi Prasetyo berharap melalui kegiatan rapat kerja ini dapat ditemukan solusi dalam menghadapi pengaduan masyarakat terhadap pungutan liar.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Hadiri Acara Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Sekda Katingan)

Inspektur Prov. Kalteng H. Sapto Nugroho saat dibincangi MMC mengutarakan sebagaimana ketahui, bahwa untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera di dalam Negara yang demokratis dan berkeadilan, diperlukan langkah­langkah dan prioritas utama dalam berbagai program. Salah satu aspek di dalam mewujudkan program yang bernilai strategis tersebut adalah masyarakat yang bersih dari praktik-­praktik KKN, termasuk praktik pungutan liar.

Beberapa hal yang disampaikan Inspektur Prov. Kalteng H. Sapto Nugroho pada kesempatan tersebut dalam upaya memberantas pungutan liar di Kalteng diantaranya agar Satuan Tugas Saber Pungli di Kalteng terus meningkatkan kinerjanya, walaupun diketahui bersama bahwa saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid­19. Selain itu, dalam memberantas pungutan liar, jangan berfokus kepada jumlah kerugian yang ditimbulkan. Namun fokus kepada bagaimana strategi memberantas dan mematikan akar budaya dari pungutan liar.

Terakhir, agar seluruh Satuan Tugas di wilayah Prov. Kalteng bukan hanya sekedar menjadi aparat yang hanya bisa menindak oknum pelaku pungutan liar saja, namun seharusnya juga mampu menjadi panutan atau contoh dalam menerapkan perilaku anti pungutan liar.

H. Sapto Nugroho menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak atas segala daya dan upaya yang telah dilakukan bersama-­sama. H. Sapto Nugroho juga mengajak seluruh pemangku kepentingan agar kiranya dapat mempertahankan capaian-­capaian yang sudah dinilai bagus, serta segera meningkatkan capaian­-capaian yang masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan.


Rapat kerja diikuti oleh Pejabat Utama Polda Kalteng. Rapat kerja juga diikuti secara virtual oleh Polres Kabupaten/Kota se-Kalteng.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook