Bayi Kembar Siam Menjadi Perhatian Serius Bupati Kobar

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 06 Januari 2020 16:59, Dibaca 18 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah memberi perhatian khusus terhadap kelahiran bayi kembar siam di RSUD Sultan Imannudin Pangkalan Bun. Hj Nurhidayah telah meminta informasi dari direktur RSUD untuk mengetahui lebih jauh perihal kelahiran bayi kembar siam dempet.

Hj Nurhidayah juga telah mengintruksikan agar jajaran RSUD Sultan Imanuddin dan dinas kesehatan memberi perhatian khusus dan maksimal dalam menangani kelahiran kembar siam yang baru pertama kali terjadi di Pangkalan Bun ini.

(Baca Juga : Rejikinoor Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Halaman Kantor Bupati Murung Raya)

“Saya telah meminta penjelasan direktur rumah sakit Sultan Imanuddin, saya harapkan rumah sakit memberi perhatian khusus terhadap ibu dan bayi kembar siam ini,” kata Hj Nurhidayah.

Direktur RSUD Sultan Imanuddin dr. Fachruddin menyampaikan jika pembiayaan pasien ibu beserta bayi kembar Siam telah ditanggung oleh pemerintah daerah dan juga BPJS. Termasuk jika nantinya pasien dirujuk ke rumah sakit di Jawa.

“Biaya operasi beserta akomodasi akan ditanggung oleh pemerintah daerah dan BPJS,” kata dr. Fakhrudin.

dr. Fachruddin melanjutkan, kondisi terkini ibu dan kedua bayi dalam kondisi stabil. Kedua bayi tersebut mendapat pengawasan intensif di ruang perinatologi level 2 RSUD Sultan Imanuddin.

Untuk langkah selanjutnya, yaitu rencana operasi pemisahan bayi kembar dempet tersebut, pihak rumah sakit sedang menjalin komunikasi intensif dengan rumah sakit Dr Sutomo Surabaya, Jawa Timur. Hal ini karena selain rumah sakit tersebut lebih berpengalaman menangani kasus serupa, juga karena kondisi bayi kembar tersebut diduga dempet hati dan saluran pencernaan.

Seperti diketahui pada Sabtu (4/1) telah lahir bayi kembar siam dari seorang ibu bernama Istiharoh (30 tahun) di RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Kelahiran bayi tersebut terjadi melalui operasi caesar pada pukul 10.45 WIB. (prokom - humas diskominfo kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook