Antisipasi Timbulan Sampah Paska Pergantian Tahun 2020

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 31 Desember 2019 09:58, Dibaca 180 kali.


MMC Kalteng - Dalam rangka menghadapi perayaan menyambut tahun baru 2020, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah mengantisipasi meningkatnya volume timbulan sampah paska perayaan tahun baru tersebut dengan mempersiapkan petugas kebersihan dan armada angkutan sampah.

Menurut Kepala DLH Kobar, Ir. Bambang Djatmiko Trikora, M.Si menyatakan bahwa DLH Kobar telah mempersiapkan ‘Tim Buser Sampah’ sebanyak 25 orang yang terdiri dari gabungan petugas sapuan, paritan dan barosih ratik. Selain itu ditambah pula petugas kebersihan taman kota sebanyak 13 orang dan petugas keamanan (security) taman kota sebanyak 9 orang.

(Baca Juga : Kemah Bakti Hari Ke- 58 Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Barito Utara Tahun 2019)

“DLH Kobar sebagai leading sector pengelolaan sampah di Kobar turut andil dalam persiapan perayaan tahun baru yang sesuai agenda akan dilaksanakan acara Malam Betomu Miyadi yang tentunya akan banyak tamu undangan dan pengunjung yang hadir pada acara tersebut. Tak luput kemungkinan ada sebagian dari pengunjung yang membuang sampah tidak pada tempatnya, sehingga DLH Kobar sudah mempersiapkan kotak/tempat sampah di beberapa titik strategis guna mengantisipasi hal tersebut,” ujar Bambang.

Ditambahkan pula bahwa perkiraan volume timbulan sampah akan meningkat lebih kurang 3-5 ton daripada hari-hari biasa.

“Selain tempat sampah kami juga telah menyiapkan petugas kebersihan dan armada angkutan sampah guna mengangkut sampah ke TPA,” imbuhnya.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) M Robiannor, SP, MP bahwa bidang PSLB3 telah mengadakan rapat intern dalam rangka persiapan pembersihan dan pengangkutan sampah di areal bundaran Pancasila dan Taman Kota Manis.

“Kami kemaren Senin (30/12) telah mengadakan rapat intern bersama koordinator dan mandor kebersihan guna penempatan petugas-petugas kebersihan di titik-titik yang sekiranya terjadi banyak timbulan sampah. Mekanismenya petugas ‘Tim Buser’ akan menyisir sampah-sampah sekitar pukul 3 dinihari, setelah itu petugas rutin akan menyisir kembali pada pukul 6 pagi yang diperkirakan tidak terangkutnya sampah oleh tim yang pertama,” ujar Robi.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dengan antisipasi ini diharapkan dapat memulihkan kondisi kebersihan taman dan areal lain di kawasan Kota Pangkalan Bun kembali ke kondisi semula.

“Kami berharap dengan dikerahkannya petugas kebersihan kebersihan Kota Pangkalan Bun dapat terjaga terutama di titik-titik perayaan malam tahun baru,” pungkasnya. (humas diskominfo - dlh kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook