Sarana Literasi dan Bertukar Pikiran, Diskominfo Kembali Gelar Media Gathering

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 19 Desember 2019 21:39, Dibaca 479 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo) Prov. Kalteng kembali menggelar Media Gathering, bertempat di Cafe Hikioto, Jalan Tangkasiang, Palangka Raya, Kamis (19/12/2019) malam.

Acara dihadiri langsung oleh Kepala Diskominfo Prov. Kalteng Ir. Herson B. Aden, M.Si, Kepala LPP RRI Palangka Raya Edyi Ivan, S.I.Kom, Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Hendra Rochmawan, S.I.K., M.H, Jurnalis media cetak dan elektronik, pegiat media sosial, serta komunitas dan mahasiswa dari berbagai Universitas di Palangka Raya. 

(Baca Juga : Launching Logo Baru TVRI Berlangsung Meriah)

Kepala Diskominfo Herson B. Aden menyampaikan bahwa salah satu tugas Diskominfo adalah melakukan literasi terhadap media, baik itu media cetak dan elektronik, termasuk juga pegiat media sosial.

Kegiatan Media Gathering merupakan wadah untuk menyamakan persepsi dan bertukar pikiran dalam berbagai hal, khususnya terkait dengan publikasi dan pemberitaan.

"Jadi kita dinas kominfo mempunyai satu tugas yaitu bagaimana kita melakukan literasi terhadap media, baik media cetak, media elektronik, termasuk juga netizen media sosial. Jadi kegiatan seperti ini selalu kami lakukan dalam rangka kita berkumpul, berkumpul untuk menyamakan persepsi tentang bagaimana kita memberitakan sesuatu yang baik, karena sasaran kita, moto kita adalah Kalteng Bicara Baik," kata Herson.

Herson kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak menginginkan adanya suatu informasi yang bersifat hoaks, fitnah, serta ujaran kebencian.

"Kita juga tidak menginginkan adanya satu pemberitaan yang bersifat hoaks, kita juga tidak menginginkan adanya pemberitaan yang bersifat menjelek-jelekkan orang, memfitnah orang, menyebar ujaran kebencian," tegasnya.

Kegiatan Media Gathering digelar rutin oleh Diskominfo agar rekan-rekan media bisa saling bertukar pikiran tentang bagaimana cara mengolah informasi yang baik dan benar, sebelum informasi itu di publikasikan kepada masyarakat.

"Oleh sebab itu dengan adanya kegiatan rutin yang kami lakukan seperti ini, membuat kita saling bisa bertukar pikiran tentang apa yang harus kita beritakan, apa yang harus kita sampaikan kepada masyarakat, agar masyarakat bisa mendapatkan informasi yang baik dan benar," imbuhnya.


Herson menyebut pihaknya juga terus memberikan informasi terkait kinerja Pemprov dibawah Kepemimpinan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

"Karena beberapa hal pembangunan di kalimantan tengah begitu luar biasa selama kepemimpinan Bapak Gubernur H. Sugianto Sabran, ini juga perlu kita sampaikan, kami mengajak seluruh media, baik cetak, media online, media sosial itu mengetahui apa yang dilakukan pemerintah, disini wadahnya kita selalu lakukan," bebernya.

Kepala Diskominfo berharap kegiatan ini kedepannya dapat mengajak lebih banyak lagi rekan-rekan media untuk saling bertukar pikiran, agar informasi yang diterima oleh masyarakat bisa lebih baik lagi.

"Jadi ini adalah bulan terakhir yang dilakukan di tahun 2019, semoga di tahun 2020 itu bisa lebih baik lagi dan banyak lagi berbagai media, khususnya media sosial, kita akan ajak untuk kita saling tukar pikiran, kita literasi, beberapa hal bagaimana tentang kita memberitakan, bagaimana kita memberikan informasi kepada masyarakat melalui media kita dengan baik," pungkasnya.

Jurnalis LKBN ANTARA Kalteng Jaya Wirawana Manurung yang turut hadir dalam Media Gathering mengapresiasi kegiatan ini, khususnya untuk hubungan baik antara pemerintah dengan awak media.

"Kegiatan diskominfo ini sangat baik, terutama untuk hubungan pemerintah dengan awak media, termasuk juga pegiat media sosial dan tentu ini menjadi langkah yang baik agar kita tetap bisa saling membantu dalam memberitakan yang baik, termasuk juga mengkritisi pemerintah tapi dengan tujuan yang baik," kata Jaya. (ARP/Foto:Asep)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook