Pengemasan Produk Olahan Kecamatan Maliku Masih Gunakan Alat Seadanya

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 12 Desember 2019 22:04, Dibaca 371 kali.


MMCKalteng - Pengemasan produk-produk olahan industri rumah tangga yang ada di desa-desa di Kecamatan Maliku masih menggunakan alat yang seadanya dan cenderung diolah secara manual dan sederhana sehingga masih kalah bersaing untuk dipasarkan ke luar daerah.

Meski dengan menggunakan peralatan seadanya produktifitas olahan produk tetap berjalan, meski kurang efektif dari sisi pemasaran untuk skala yang lebih luas, ujar Camat Maliku, Sukarja saat dikonfirmasi di Pulang Pisau, Kamis (12/12/2019).

(Baca Juga : HUT Satpol PP Tingkat Provinsi Digeser Ke Palangka Raya)

Pihak kecamatan telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Pulang Pisau bagaimana caranya untuk membantu usaha rumahan di Kecamatan Maliku.

Salah satunya untuk meminta pembinaan terkait dengan pengemasan produk baik cap maupun label produk karena kemasan masih sederhana, ujarnya.

Sukarja mengungkapkan untuk masalah rasa dari produk olahan industri rumah tangga yang ada di desa-desa di Kecamatan Maliku tidak akan kalah dan cukup mampu bersaing, hanya saja kelemahan dari segi kemasan produk yang kurang menarik.

Terkait kemasan produk kita juga telah usulkan kepada Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait melalui Musrenbang baik dari tingkat Desa, kecamatan hingga Kabupaten.

Harapannya, usulan terhadap pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ini bisa segera diakomodir oleh SOPD terkait dalam hal ini adalah Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Pulang Pisau agar hasil usaha ekonomi produktif yang ada di Kecamatan Maliku bisa dipasarkan hingga keluar daerah, ungkapnya. (MC. Pulang Pisau/Ayu/edtr)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook