Menulis Berita Sebagai Sebuah Kegiatan Kreatif Yang Bertanggung Jawab

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 07 Desember 2019 22:20, Dibaca 327 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Menulis berita yang baik adalah sebuah kegiatan kreatif yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Hal itu disampaikan oleh Febrianto Boediman, S.Sos., MA, nara sumber dari Diskominfo Provinsi Kalimantan Tengah pada kegiatan penyuluhan Literasi Digital bagi Generasi Milenial oleh Balai Bahasa Kalimantan Tengah di Swiss-Belhotel Danum Palangkaraya, Jumat (6/12/2019).

(Baca Juga : Cantik dilihat, Tuah Pahoe sudah alami renovasi)

“Di era globalisasi berita yang akurat sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia menuju Indonesia jaya," kata Febri.

Febri menjelaskan generasi milenial memegang peran penting sebagai agen perubahan pada masa yang akan datang.


Generasi milenial harus cerdas dan bertanggung jawab dalam menyampaikan berita.

"Untuk menjadi seorang penulis berita yang baik membutuhkan proses kreatif yang berkelanjutan. Penulis berita harus banyak membaca, banyak melihat, banyak mendengar dan berkarakter," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu pihaknya juga menyampaikan bahwa informasi yang tersebar di media cetak dan elektronik saat ini sangat rentan dengan informasi yang bersifat hoax dan mengandung SARA.

Masyarakat harus cerdas dalam menyampaikan dan menerima informasi. Bila menerima informasi yang meragukan keakuratannya diharapkan masyarakat melakukan konfirmasi ke berbagai pihak supaya informasi tersebut bersifat sahih.

Pihaknya juga banyak memberikan informasi yang berkaitan dengan kiat-kiat dalam tata cata menulis berita. Hal ini sesuai dan sejalan dengan latar belakang pendidikan dan juga pengalaman beliau sebagai pemimpin MMC Kalteng.

Febri juga berharap adanya kontributor di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi utuk MMC Kalteng sebagai wahana mengembangkan bakat dan minat dalam bidang jurnalistik.


Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Kalimantan Tengah ini juga diikuti oleh 3 orang siswa SMAN 1 Palangkaraya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 4-6 Desember 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta dari unsur para pelajar tingkat SMA/MA, para mahasiswa dan guru pendamping. (Awr/Foto:Arp)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook