Perlu Dibentuk Tim Untuk Tanggulangi Banjir

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 05 Desember 2019 16:18, Dibaca 39 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kota Palangka Raya sejak Selasa (3/12/2019) malam hingga Rabu (4/12/2019) pagi membuat sejumlah wilayah tergenang.

(Baca Juga : DPKH Sosialisasikan TPPR dan IUP )

Salahnya wilayah Jalan Temanggung Tilung, Kelurahan Menteng. Banjir luapan air hujan menggenangi badan jalan, sehingga menyulitkan para pengendara susah untuk melintas.

Bahkan hingga Rabu siang, genangan air masih belum surut. Banjir ini ditenggarai karena saluran drainase yang ada tidak mampu menampung debit air.

Kondisi ini hampir terjadi setiap musim hujan. Kondisi ini pula menjadi perhatian Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo.

Politisi PDIP ini mengharapkan Dinas PUPR, Dinas Perkim, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya wajib membentuk tim gabungan untuk melakukan upaya penanggulangan banjir.

Sigit mengatakan tugas tim gabungan tersebut untuk melakukan normalisasi drainase dan pemeliharaan drainase di jalan rawan dan permukiman yang rawan banjir.

Tim juga disarankan melibatkan ahli untuk menghitung ulang drainase apakah jumlahnya cukup atau apakah pembangunannya benar, atau apakah alur pembuangan air dari drainase kecil ke sungai sudah benar.

Kemudian mengajak masyarakat untuk aktif gotong royong memelihara drainase di lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan,” tandasnya. (MC. Isen Mulang)



 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook